Musim Durian, Durian Palopo, Durian, Jalan Hertasning
Dg Kennang sedang menerima pembayaran harga durianny, Sabtu (13/12/2015). (Foto: Muhaimin/GoSulsel.com)

Desember Buka Jamuan Durian Bagi Warga Makassar

Minggu, 13 Desember 2015 | 12:13 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Andi Dahrul Mahfud - GoSulsel.com

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Bagi pencinta durian, sudah bisa bersuka cita di Desember. Di bulan ini, di pinggir jalan beberapa titik kota ini telah nangkring para penjual durian. Misalnya di Jl Hertasning Baru. Di sana, GoSulsel.com menemui salah seorang penjual durian bernama Daeng Kennang.

Dg Kennang menjelaskan, bahwa durian yang dijualnya berasal dari Palopo. Pada Desember, durian di kota itu sudah mulai dipanen.

“Durian ini dari Palopo, memang musimnya bulan Desember. Kira-kira habis musimnya itu bulan Maret. Sebulan sebelumnya bulan 3, harganya juga pasti turunmi. Yang tadinya Rp 50-70 ribu 1 ikat, bisa saja jadi Rp 25 ribu 1 ikat,” jelas Dg Kennang kepada GoSulsel.com saat bercakap-cakap, Sabtu (12/12/2015).

Dg Kennang yang juga penikmat durian menjelaskan, kalau durian Palopo memiliki daging buah yang cukup tebal, namun tidak setebal durian montong yang berasal dari Kabupaten Sinjai.

Halaman 2

“Durian Palopo juga lumayan besarji. Tapi lebih besar daging duriannya montong. Tapi
durian montong belumpi berbuah kalau bulan Desember. Biasanya bulan 2 baru mulai
banyak,” terang Da Kennang.

Menurut Dg Kennang, dalam seikat durian terdiri dari 3 buah dengan perkiraan berat
sekitar 4 Kg. Namun, sebagian dari durian yang dipanen awal Desember ini punya rasa yang belum cukup legit dan nikmat. Pasalnya, tak semua yang dipanen adalah durian yang benar-benar cukup matang karena sudah rontok terlebih dahulu.

“Meskipun awal panen kali ini hampir habis karena diborong, musim durian belum berakhir. Masih ada buah durian yang masih muda yang belum jatuh dan masih bisa dipanen hingga akhir musim durian. Ini karena pohon durian bisa berbunga 2-3 kali dalam satu musim,” katanya.

Jadi, jika ingin mencicipi durian yang mantap, silakan tunggu Januari hingga Maret. Tapi kalau tak sabar lagi, Desember sudah siap menjamu Anda dengan aromanya yang harum.

Berikut foto-fotonya:

Halaman 3

Musim Durian, Durian Palopo, Durian, Jalan Hertasning

Halaman 4

Musim Durian, Durian Palopo, Durian, Jalan Hertasning

Halaman 5

Musim Durian, Durian Palopo, Durian, Jalan Hertasning

(*)


BACA JUGA