Musim Durian Makassar, Musim Durian di Makassar, Durian

Konsumsi Buah Durian Berbahaya bagi Ibu Hamil, Mitos atau Fakta?

Rabu, 09 Januari 2019 | 22:42 Wita - Editor: Irwan Idris -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Buah durian dikenal sebagai salah satu buah lezat dengan aroma yang tajam. Saat musim durian, khususnya di Sulsel, buah berkulit berduri ini sangat mudah ditemui di seantero kota.

Namun, tahukah Anda, mengkonsumsi buah durian juga memiliki beberapa resiko kesehatan. Itulah sebabnya, di Indonesia, ibu hamil tidak diperkenankan menikmati durian sebab bisa membahayakan bayi dalam kandungan.

Tapi, apakah benar durian bisa berbahaya dan tidak boleh dikonsumsi ibu hamil?

Menurut dr. Gordon Lim, ahli kandungan dan dr. Patrick Chia, seorang ahli perinatology, ibu yang sedang hamil boleh saja mengonsumsi durian asal porsinya tidak berlebihan.



Mereka menilai, mengonsumsi durian terlalu banyak pada ibu hamil dapat mengakibatkan peningkatan gula darah. Sebab, meski tidak begitu manis namun durian memiliki kadar gula yang sangat tinggi.

Selain itu, buah yang banyak ditemukan di daerah Luwu Raya ini, juga bisa mengakibatkan kelebihan berat badan atau obesitas. Pada beberapa kasus, kelebihan berat badan berisiko menganggu kerja bius epidural saat proses bersalin.

Laman hellosehat menyebutkan bahwa mitos buah durian yang dikonsumsi ibu hamil dapat menyebabkan beberapa hal pada janin, di antaranya yakni;

Janin akan kepanasan

Banyak orang percaya bahwa durian akan membuat tubuh kepanasan sehingga jika ibu hamil mengonsumsinya, janin pun akan kepanasan. Mitos ini awalnya menyebar dari kepercayaan kuno bangsa Tionghoa yang dibawa ke Asia Tenggara. Namun, belum ada bukti ilmiah atau contoh kasus terjadinya komplikasi janin kepanasan yang telah diketahui.

Kadar kolesterol yang tinggi

Durian sering sekali disebut-sebut sebagai buah dengan kadar kolesterol tinggi, sehingga berbahaya bagi siapa pun, apalagi ibu hamil. Nyatanya, mitos ini salah besar. Durian tidak mengandung kolesterol sama sekali. Malah, durian mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

Namun begitu, mengkonsumsi durian dalam porsi yang tepat, juga membawa banyak manfaat bagi ibu hamil, sebab durian kaya akan kalium yang dibutuhkan ibu hamil untuk menyeimbangkan tekanan darah dan kadar cairan dalam tubuh.

Kalium juga bisa membantu membantu mengurangi pembengkakan yang sering terjadi saat hamil. Durian juga mengandung organo-sulfur dan triptofan yang dapat membantu melawan infeksi bakteri dan jamur.(*)


BACA JUGA