Bangun Technopark, Walikota Minta Bantuan Dana 6 Miliyar

Senin, 14 Desember 2015 | 19:35 Wita - Editor: gun mashar - Reporter: Evi Novitasari - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Agar rencana membuat technopark di Makassar bisa terwujud, Walikota Makassar, Ramdhan Pomanto meminta kucuran dana dari Kementerian Penrindustrian. Angkanya tak main-main: Rp 6 Milyar!

“Bukan persoalan biayanya tapi persoalan komitmen pemerintah kota Makassar. Kita persilahkan dulu Kementerian Perindustrian untuk tahun depan InsyaAllah yang tahun ini 600 juta cukup di tambah satu nol saja. Tidak usah banyak-banyak, cukup mi lah kalau 600 juta jadi 6 Milyar,” ujar Danny, panggilan akrab Ramdhan Pomanto.

Hal ini dikatakannya saat menggelar konferensi pers di kediaman pribadinya usai penyelengaraan Kick Off Rumah Software Indonesia Makassar Technopark, Jl Amirullah, Senin (14/12/2015).

“Technopark ini program nasional jangan sampe Makassar lebih banyak duitnya dari pada Nasioal kita kasi kesempatan dulu Kementrian kasi banyak duitnya dulu baru kita menyusul. Saya kira pemerintah pusat tidak usah khawatir. Kita sudah menerapkan duluan, dari pengalaman dan komitmen kita sudah jelas,” tambah Danny.

Danny juga mengungkapkan, keunggulan Makassar dibanding kota-kota lain yakni penerapan aplikasi yang lebih dulu ada dari pada technopark sehingga menurutnya technopark pasti akan berjalan dengan baik.

Halaman 2

“Kita selalu menginginkan program yang terkoneksi secara nasional dan Internasional, kita mau ada diverensiasi keunggulan-keunggulan kita di kota Makassar. Biasanya buat Technopark dulu baru aplikasi tapi kita berbeda dari kota lain, aplikasi dulu baru Technopark. Ada tidak kita lain yang punya telemagazin, smart card baru ada sementara kita dari tahun lalu sudah ada,” jelas Danny.

Mendengar pernyataan Danny pihak Kementrian Penindustrian yang diwakili Direktur Teknologi dan Informatika Kementerian Perindustrian RI, Ignatius Warsito mengatakan bantuan dana tahun 2015 bagi pembangunan Technopark Makassar terbilang kecil hanya 600 juta dari total anggaran Rp 50 milyar untuk pembangunan Technopark di lima kota.

“Sesuai dengan arah pak Jokowi kita akan membangun lima Technopark pertama Bandung, Semarang, Denpasar, Batam, dan yang paling bungsu ini Makassar Technopark. Dari total budget 50 miliyar melalui APBMP kita Alokasikan untuk Makassar Technopark hanya 600 juta dan kemudian dalam bentuk bantuan peralatan, pelatihan dan gelar kompetisi,” jelasnya.

“Kami harapkan menstimulus pemerintah kota, sebenarnya ini tidak ada apa-apanya yang penting bagaimana kota Makassar sendiri bisa menggali potensi yang dimiliki di Makassar Technopark,” tambahnya (*)


BACA JUGA