Rambutan, Penghasil Rambutan di Sulsel, Pakkatto, Mamuju, Bulukumba, Jalan Hertasning, Musim Rambutan
Dg Gassing sedang menjaga jualannya, Minggu (20/12/2015). (Foto: Andi Dahrul Mahfud/GoSulsel.com)

Desember, Pakkatto Awali Musim Rambutan di Makassar

Selasa, 22 Desember 2015 | 15:51 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Andi Dahrul Mahfud - GoSulsel.com

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Di beberapa titik pinggir jalan Makassar sudah terlihat para penjual rambutan menjajakan jualannya. Sejak November, daerah Pakkatto, Gowa, menyuplai Makassar dengan buah rambutan.

Selain Pakkatto, ada 2 daerah lain di Sulawesi Selatan (Sulsel) yang dikenal sebagai salah 1 daerah penghasil rambutan terbaik, yakni Bulukumba dan Mamuju. Namun, pada Desember baru rambutan Pakkatto yang bisa dinikmati.

“Ada 3 daerah yang punya kualitas rambutan terbaik (di Sulsel), ada di Pakkatto, Bulukumba, Mamuju. Tapi dalam tahun ini, rambutan lebih dulu berbuah di Pakkatto,” ungkap Daeng Gassing yang ditemui GoSulsel.com sedang mengatur dagangannya di Jl Hertasning, Minggu (20/12/2015).

Dg Gassing mengatakan, bahwa di musimnya kali ini, harga rambutan tinggi, yakni Rp 16 ribu per kilo. Harga ini akan tetap bertahan hingga Januari. Namun harga buah yang kulitnya berwarna merah ini akan menurun drastis ketika memasuki Maret.

“Kalau sudah masuk bulan Maret, itu sudah Rp 6 ribu per kilo hingga bulan Mei. Biasanya penjual khawatir buahnya membusuk. Jadi dijual murah saja,” katanya.

Halaman 2

Adapun tekstur buah dari daerah Gowa Pakkatto ini memiliki buah yang cukup tebal dan renyah. Dagingnya sendiri tidak melekat dengan biji, tak seperti rambutan dari Mamuju.

Berbicara soal penghasilan, Dg Gassing belum tahu untuk bulan ini. Namun, tahun lalu ia bisa meraup keuntungan Rp 200 ribu per hari selama 3 bulan. 2 bulan berikutnya pendapatannya malah menurun drastis.

“Jualan buah kan jualan musiman. Wajar saja kalau di bulan-bulan pertama itu permintaannya tinggi. Namun berbeda kalau sudah mau habis musim, pasti sudah kurang permintaan,” katanya.

Di Desember, para penggemar rambutan bisa mengobati rindunya. Sedangkan Dg Gassing serta rekan seprofesinya bisa mengepulkan lagi asap dapurnya.(*)


BACA JUGA