Ilustrasi Puting Beliung, Puting Beliung
Ilustrasi

150 Personel TNI-Polri Bantu Korban Puting Beliung di Pangkep

Jumat, 25 Desember 2015 | 14:49 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Sahar - Go Cakrawala

Halaman 1

Pangkep, GoSulsel.com – Usai diterjang angin puting beliung, 3 desa di Kecamatan Mandalle, Kabupaten Pangkep, Kamis (24/12/2015) kemarin sore, telah mendapatkan perhatian dari gabungan TNI dan Polri setempat.

Petugas TNI dan Polri terlihat langsung bergotong-royong membantu korban bencana angin puting beliung untuk memesan tenda sementara di atap rumah warga.

Dandim 1421/Pangkep Letkol Inf Adrian Susanto menyampaikan, sebanyak 150 pasukan personel gabungan Kodim 1421 Pangkep dan Polres Pangkep diturunkan untuk membantu warga Pangkep.

Adrian mengatakan, kita belum bisa maksimal melakukan pekerjaan ini, karena cuaca tidak mendukung.

“Kita sama- sama dengan Polri di sini, Dinas Sosial, dan BPBD Pangkep, untuk membantu masyarakat yang memang menjadi korban angin puting beliung kemarin,” kata Dandim 1421 Pangkep, Letkol Inf Adrian Sosanto, saat ditemui di Lokasi Bencana, Jumat (25/12/2015).

Halaman 2

Sementara dari Anggota BPBD Pangkep, Faizal Afdaus mengatakan, tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun, amukan angin puting beliung yang terjadi pada sore itu sangat dahsyat. Menurut data yang dihimpun oleh TNI-Polri, ada 43 rumah warga mengalami rusak berat dan sedang.

“43 rumah warga yang mengalami rusak dan sebagian rumah warga rata dengan tanah diterjang angin puting beliung. Sedangkan 1 unit Pabrik Padi juga ikut roboh diterjang angin,” kata Faizal saat melakukan pendataan ulang di Kecamatan Mandalle.

Dari informasi yang dihimpun, bantuan sementara dari Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Pangkep berupa, tenda terpal ukuran 6×4 meter persegi 20 buah, mi instan 10 dos, ikan kaleng 3 dos isi 60 per dos, sambal 2 dos isi 40 per dos, kecap 2 dos isi 40 per dos.

Yang dibawa oleh Andi Fuad, Staf Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, di bagian bencana alam dengan menggunakan truk HINO Nopol B 9320 P0Q.

Untuk bantuan sementara dari BNPBD Kabupaten Pangkep, yakni, tenda terpal ukuran 4×6 meter persegi 3 lembar, tenda terpal ukuran 3×5 4 lembar, dan bantuan itu dibawa langsung oleh Kepala BPBD Pangkep Syafei Yasin menggunakan Ran Avanza hitam DD 1453 EI.

Halaman 3

Sementara bantuan dari Kodim 1421/Pangkep yang diberikan kepada korban bencana alam puting beliung berupa, Pop Mie 20 dos dan Sarimi 14 dos.

Bantuan dari Polres Pangkep, yaitu air mineral gelas 90 dos, Indomie 59 dos dan tenda terpal ukuran 4×6 meter persegi 1 buah.

Bantuan dari FithanZhia Bali berupa uang sebanyak Rp 1juta. Bantuan dari Camar Kab Pkp berupa uang sebanyak Rp 1 juta. Bantuan dari hamba Allah berupa uang sebanyak Rp 1 juta.(*)


BACA JUGA