Logo Kabupaten Gowa

SKPD Pemkab Gowa Ikut Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016

Selasa, 29 Desember 2015 | 11:27 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Citizen Reporter

Halaman 1

Gowa,GoSulsel.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gowa melakukan Sosialisasi Sensus Ekonomi (SE) Tahun 2016 yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muchlis di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa, Selasa (29/12/2015) pagi.

Sosialisasi yang diikuti sebanyak 35 orang peserta yang merupakan perwakilan SKPD, camat, pemimpin asosiasi, pemilik usaha dan pimpinan bank se-Kabupaten Gowa ini turut dihadiri Kepala Bidang Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulsel, Ahmad, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gowa, H Usman dan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gowa, Andi Kumala Idjo.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gowa, H Usman menjelaskan, tujuan umum sensus ekonomi 2016 ini untuk mengumpulkan dan menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi, kecuali sektor pertanian, sebagai landasan bagi penyusunan kebijakan, perencanaan dan evaluasi pembangunan.

“Tujuan khusus sensus ekonomi 2016 yakni untuk memberikan gambarkan lengkap tentang level dan struktur ekonomi, memperoleh informasi dasar yang mencakup semua sektor ekonomi, mengetahui karakter usaha di Indonesia dan mengetahui daya saing bisnis di Indonesia,” tambahnya.

Sensus ekonomi ini dilaksanakan setiap 10 tahun sekali dengan tahun berakhiran angka 6. Adapun, sensus ekonomi 2016 adalah sensus keenam dari sebelumnya pada 1976-1986-1996-2006. Sensus ekonomi dilaksanakan di seluruh wilayah NKRI dan mencakup semua aktivitas ekonomi, kecuali sektor pertanian dan skala ekonomi usaha.

Halaman 2

Rencana kegiatan sensus ekonomi 2016 akan diawali dengan publikasi  dan perekrutan petugas sensus pada Januari 2016, pelatihan calon petugas sensus Maret-April 2016, pelaksanaan listing atau pendaftaraan usaha sensus pada Mei 2016. Selanjutnya, pengolahan sensus ekonomi 2016 dilakukan pada Mei-Juni 2016, Post Enumeration Survey (PES), gladi bersih pencacahan UMK/UMB dan pengadaan instrument pendataan UMK 2016.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muchlis mengapresiasi sosialisasi sensus ekonomi tahun 2016 ini yang berarti satu lagi agenda nasional yang dipusatkan di daerah Kabupaten/Kota dan Gowa turut berkontribusi di dalamnya.

“Kita berharap agenda 10 tahunan pemerintah pusat ini betul-betul dapat menghasilkan data yang akurat dan up to date melalui pemberian data yang jujur, valid dan dapat dipertanggungjawabkan dari pihak perusahaan kepada petugas sensus,” harap Muchlis terkait pelaksanaan sosialisasi ini.

Muchlis juga berharap agar Badan Pusat Statistik betul-betul dapat melaksanakan sensus ini dengan sebaik-baiknya sehingga data yang dihasilkan dapat menggambarkan kondisi perekonomian Kabupaten Gowa dan dapat menjadi bahan pertimbangan khususnya dalam hal pembangunan infrastruktur penunjang perekonomian.(*)

Citizen Reporter: Dhyni Widyaswari – Staf Humas & Prokoler Gowa


BACA JUGA