Walikota Makassar, lantik anggota Balakar

248 Balakar Siap Sosialisasikan Kebakaran di Makassar

Kamis, 31 Desember 2015 | 17:19 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Andi Dahrul Mahfud - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Sebanyak 248 Badan Laskar Pemadam Kebakaran (Balakar) akan mensosialisasikan kebakaran disetiap daerah di kota Makassar. Hal tersebut diungkapkan Walikota Makassar, pasca membuka kegiatan pengukuhan anggota baru Balakar 2015.

“Untuk balakar, sejalan dengan penambahan prasarana damkar, tentunya ada penambahan juga bagi anggotanya, balakar hadir bukan hanya untuk memadamkan kebakaran saja, tetapi membantu masyarakat terhadap tata cara bagaimana caranya memadamkan api, nah mereka juga menjadi agen dalam kegiatan tersebut,”/ungkap Ramdhab pomanto Kepada GoSulsel.com. Kamis (31/12/2015).

Ia mengatakan, Balaskar yang sudah dikukuhkan ini menjalani berbagai pelatihan menyangkut kebakaran, yakni tata cara penyelamatan warga, dan sebagainya yang biasa dilakukan oleh pemadam kebakaran pada umumnya.

” Balakar ini masyarakat terlatih. 284 Balakar yang sudah tergabung saat ini sudah cukul terlatih,  dan tentunya pemerintah akan terus menambah anggota balakar untuk mencegah, dan  membangun inisiasi masyarakat,”. Pungkasnya.

Adapun lokasi posko kebakaran yang ada, kini ditambah 6 menjadi cariester, yang sekarang bertotal 10 Cariester. Dengan anggaran 34 Milyar untum 28 Unit Damkar yang tersedia saat ini.

Danny mengatakan, harapannya dengan tambahan beberapa unit ini mampu mengurangi kebakaran di kota Makassar.(*)