Mahasiswa Ilmu Hukum UIN Alauddin Studi Komparatif di BPN Kota Makassar.

Prodi Ilmu Hukum UIN Alauddin Studi Komparatif di BPN Kota Makassar

Senin, 25 Januari 2016 | 14:22 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Citizen Reporter

Halaman 1

Makassar,GoSulsel.com – Prodi Ilmu Hukum UIN Alauddin Makassar melakukan sutdi komparatif kantor Baban Pertanahan Nasional )BPN kota Makassar (Senin 25/01/2015).Studi komparatif dilakukan untuk melihat secara langsung proses atau mekanisme yang ada di BPN.

“Dalam kunjungan kali ini Mahasiswa diberi pemahaman seputar Hukum Agraria dan Hukum Pertanahan,” kata Kepala BPN Kota Makassar, Syamsul Rijal Lengu.

Kepala BPN ini didampingi oleh Andi Firmansyah, (Direktur SRL Institute). Materi yang di paparkan oleh ke tiga pembicara tersebut terkait masalah sengketa tanah, dan proses pembuatan alas hak tanah.

Syamsul Rijal juga menambahkan bahwa kegiatan seperti ini perlu dilakukan, “Selain untuk pengembangan wawasan juga untuk melihat secara praktis dilapangan bagaimana mekanisme di BPN itu sendiri,” terang kandidat doktor termuda UMI ini.



Andi Firmansyah, Direktur SRL Institute juga mengutarakan kegiatan yang sifatnya dapat membina dan dapat memberikan pengetahuan lebih layak untuk diapresiasi apalagi yang sifatnya akademik seperti ini.

Halaman 2

“Selain untuk menambah pengetahuan individu juga bisa mengaplikasikan di masyarakat dan kedepan nya kegiatan seperti ini dapat dilakukan di instansi lain yang ada di Kota Makassar,” papar pria murah senyum itu.

Kegiatan ini di ikuti sekitar 50-an mahasiswa dan tamu undangan lainnya, dalam kegiatan kali ini selain mengikuti materi para mahasiswa juga melihat secara langsung proses atau mekanisme yang ada di BPN mulai dari pendaftaran hingga penerbitan sertifikat tanah.(*)

Citizen Reporter: Asrul – Wasilah UIN Makassar  


BACA JUGA