Gafatar
#

Antisipasi Penolakan Eks Gafatar, Kesbangpol Sulsel Turunkan Intelijen

Selasa, 26 Januari 2016 | 10:47 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com– Sebanyak 227 orang eksodus Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) asal Sulsel akan tiba di Makassar dari pelabuhan Semayam, Balikpapan, Rabu (27/1/2016) malam.

Guna mencegah atau mengantisipasi, penolakan terhadap mantan pengikut salah satu ormas yang sudah dilarang oleh pemerintah ini. Jajaran pemerintah, melalui intelijen Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) telah melakukan deteksi lebih dini.

“Saya sudah arahkan intelejen yang ada di Kesbangpol, untuk segera turun ke masyarakat melakukan deteksi terkait rencana kedatangan eks Gafatar ini. Salah satunya, mengantisipasi penolakan terhadap mereka,” kata Kepala Badan Kesbangpol Sulsel, Asmanto Baso Lewa, Selasa 26 Januari.

Terkait proses pemulangan dan penampungan ke 69 kepala keluarga ini, Asmanto menjelaskan itu merupakan kewenangan dari dinas sosial. Hanya saja, sampai saat ini pemerintah provinsi belum melakukan rapat koordinasi terkait hal ini.



“Secara nasional masalah eksodus Gafatar ini menjadi tanggung jawab Kementerian Sosial. Termasuk masalah pemulangan mereka ke kampung halamannya,” pungkasnya. (*)


BACA JUGA