Konjen Australia, Bradley Amstrong
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto menjamu Kedubes Australia, Selasa (26/01/2016). (Foto: Andi Dahrul Mahfud/GoSulsel.com)

Danny: Kehadiran Konjen Australia, Berkah Bagi Makassar

Selasa, 26 Januari 2016 | 21:42 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Evi Novitasari - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto mengatakan, bahwa akan dibukanya Konsulat Jenderal (Konjen) Australia di Makassar merupakan berkah tersendiri bagi kota ini.

Hal ini diucapkannya saat malam ramah tamah dengan Kepala Bidang Politik dan Diplomasi Publik Australia Dr Bradley Amstrong di Rumah Budaya Rumata’, Jl Bontonompo, Selasa (26/01/2016).

“Kami bersyukur Konjen Australia dibuka di Makassar. Ini akan semakin membuka peluang kerja sama. Anak-anak kita lebih mudah menimba pendidikan di Australia,” ucapnya.

Danny menyebutkan, Australia-Makassar telah memiliki hubungan persaudaraan lama. Kehadiran Konjen yang rencananya mulai beroperasi April tahun ini akan makin mempererat hubungan itu.



Dalam waktu dekat, Danny akan menggelar event bersama di bidang film, fashion, dan festival. Selain itu, juga diharapkannya bisa tercipta hubungan yang baik di dunia pendidikan, budaya, dan perdagangan.

Halaman 2

“Tinggal kita membutuhkan perahu bersama antara Australia-Makassar yang tidak terpengaruh oleh pasang-surutnya hubungan kedua negara. Logikanya, kalau dulu tidak ada Konjen Australia sudah banyak membantu di sini. Apalagi kalau sudah ada Konjen,” katanya.

Sebelumnya, Amstrong mengatakan bahwa meski hubungan Indonesia Australia sering mengalami pasang-surut namun ia percaya bahwa itu hanyalah sebuah dinamika.

“Kami percaya ke depan, hubungan akan jauh lebih baik dan stabil setelah ada Konjen di Makassar. Kami senang warga Makassar sombere’ dan lingkungannya indah,”¬†katanya.

Amstrong juga mengatakan Konjen di Makassar merupakan kedua di Indonesia. Sebelumnya juga telah dibuka di Bali. Baginya, hal itu juga akan semakin membuka kesempatan bagi warga Makassar untuk mengetahui lebih banyak tentang Auatralia dan juga untuk kepentingan investasi Australia di Makassar.(*)


BACA JUGA