Tanaman Hidroponic milik Takdir Saharuddin (Foto: Aris Taoemesa/gosulsel.com)

Menengok Kebun Sayuran Hydroponic di Sudiang

Kamis, 11 Februari 2016 | 15:38 Wita - Editor: gun mashar - Reporter: Aris Taoemesa - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Hendak punya kebun sayuran tidak melulu harus membeli tanah yang luas terlebih dahulu. Berkebun sayuran bisa dilakukan dengan metode hydroponic, menanam sayuran dengan memakai air dan nutrisi yang ditambahkan. Selain hemat tempat, juga hemat biaya.

GoSulsel.com berkesempatan mengunjungi rumah Takdir Saharuddin, warga di Perumahan Delta Bumi Sudiang, Makassar yang mengembangkan metode hydroponic. Meski ia bukanlah lulusan Fakultas Pertanian, tapi Ia gemar bercocok tanam.

pt-vale-indonesia

“Awalnya saya bertani biasa seperti kebanyakan petani lainnya, yaitu dengan menggunakan tanah dan pupuk dengan media vas. Terus ada group-group di facebook saya ikuti dan masuk dalam komunitas, saya ikuti acaranya, kan saya di sini dulu sebelum hydroponic,” terang Takdir.

Dari grup Facebook yang diikutinya, Ia jadi paham tentang metode hydroponic. Hydroponic ini adalah tanaman yang tidak menggunakan tanah namun menggunakan air dan sejumlah nutrisi yang ditambahkan. jika sekilas dilihat tanaman hydroponic ketika sudah dipanen akan sama hasilnya dengan penanaman biasa bahkan lebih subur.

“Ini sangat menghemat tempat. Kalau menanam biasa kan harus ada jarak yang diberikan antara tanaman yang satu dengan yang lain, nah dengan metode ini kita kan buat memanjang ke atas dengan menggunakan pipa jadi sangat menghemat tempat,” terang lelaki yang bekerja di Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel.

Halaman: