Logo Pemprov Sulsel
Logo Pemprov Sulsel

Tiga Tahun Sayang II, Ketimpangan Masih Terjadi

Jumat, 08 April 2016 | 08:31 Wita - Editor: Iin Nurfahraeni - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar GoSulsel.com – Hari ini, 8 April, masa pemerintahan Syahrul Yasin Limpo dan Agus Arifin Nu’mang (Sayang) jilid II, sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, memasuki usia tiga tahun. Selama 8 tahun memimpin Sulsel, keduanya masih memiliki beberapa pekerjaan rumah, terkait ketimpangan yang ada.

Hal ini terungkap saat Celebes Research Center (CRC) merilis data hasil survei yang dilakukan terkait respon publik terhadap kinerja pemerintahan Sayang II. Berbagai hal disurvei mulai dari kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah di sektor ekonomi, infrastruktur sampai sosial dan hukum.

Mulai dari sektor perekonomian, meski 88 persen korespon menyatakan sudah puas dengan kondisi ekonomi Sulsel saat ini. Namun, mereka menilai perekonomian hanya berkembang untuk sektor makro mulai dari kabupaten dan provinsi. Sementara untuk tingkat rumah tangga, masih ada 57 persen yang menilai tak ada perubahan dan bahkan lebih buruk.

Untuk isu sosial, dari 800 responden yang tersebar di 24 kabupaten/kota, mereka menilai masalah infrastruktur jalan masih menjadi sorotan dengan persentase 24,5 persen. Setelah itu, ada persoalan lapangan kerja, harga kebutuhan sembako, irigasi, kesehatan, ketersediaan pupuk dan lainnya.

Direktur CRC, Herman Heizer, mengatakan salah satu yang menarik dalam durvei yang dilakuklan mulai 7-21 Maret 2016 ini, adalah masalah ketimpangan yang tejadi antara wilayah selatan dan utara. Dimana kepuasaan kinerja Gubernur dan Wakilnya, untuk persentase terendah didominasi dari wilayah selatan.

“Secara umum bagus, hanya 9 persen yang menjawab buruk dan tak tahu untuk kinerja pemerintahan. Namun dilihat dari sisi demografi wilayah yang paling rendah itu berada di wilayah selatan, seperti Selayar, Bulukumba, Sinjai, Bantaeng dan Soppeng,” kata Herman saat menggelar konferensi pers, di Hotel Sahid, Kamis(7/4/2016)

Halaman:

BACA JUGA