Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Sidik Salam, (Zulkifli/Go Cakrawala)

Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan Pertama Telat Cair

Senin, 18 April 2016 | 18:24 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com – Guru kembali dibuat meradang, setelah tunjangan sertifikasi untuk triwulan pertama tahun 2016 belum dikucurkan pemerintah pusat. Pasalnya, ini sudah pertengahan bulan April namun sejauh ini dana transfer ke daerah belum diterima pemprov Sulsel.

Kadis Pendidikan Sulsel, Sidik Salam mengatakan sejauh ini kendala pencairan masih menunggu peraturan menteri keuangan (PMK). Peraturan ini terkait aturan dana transfer ke daerah dan surat keputusan tunjangan profesi guru dari data dapodik.

pt-vale-indonesia

“Sejauh ini peraturannya katanya sudah ada, jadi tinggal dilakukan pencairan dari APBN ke APBD. Pencairannya ada dua jenis untuk guru berstatus PNS dan non PNS,” kata Sidik, Senin (18/4/2016).

Terkait jumlah tunjangan profesi guru (TPG) untuk triwulan pertama, Sidik tak hapal betul besarannya, yang jelas mencapai milliaran Rupiah. Tunjangan ini berlaku bagi mereka yang memiliki sertifikat pendidik dan telah memenuhi persyaratan. Nilainya mencapai satu kali tunjangan atau gaji pokok.

Secara nasional nilai TPG ini mencapai Rp71 triliun, untuk 990 ribu lebih guru. Tahun ini juga, pemerintah akan mengratiskan biaya proses sertifikasi bagi guru yang diangkat mulai tahun 2005 sampai 2015. (*)


BACA JUGA