(Foto: Diskusi fotografi di Pelabuhan Paotere bersama fotografer senior Makassar, Hariandi Hafid/Sabtu, 14 Mei 2016/Marwan Paris/GoSulsel.com)

Hariandi Hafid: Kekuatan Foto Story Terletak Pada Riset

Sabtu, 14 Mei 2016 | 18:45 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Marwan Paris - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Diskusi Fotografi dalam rangka pameran dan lomba foto bertema ‘Membingkai Paotere’ yang kerja sama dengan Pelindo 4 di adakan pada hari kedua kegiatan di Aula Tourist Pelabuhan Paotere.

Hariandi Hafid, Fotografer senior Makassar, memaparkan kekuatan sebuah fotografi story terletak pada risetnya. Riset dalam karya fotografi merupakan data awal yang dikumpulkan oleh seorang fotografer melalui observasi dan pendekatan kepada subjek sehingga fotografer dapat menyusun suatu rangkaian ceritanya.

pt-vale-indonesia

“Sebuah karya fotografi story kekuatannya terletak pada riset. Karena lewat riset kita bisa membentuk alur dari cerita foto yang ingin kita sampaikan,” katanya di tengah diskusi yang diikuti Gosulsel.com, Sabtu (14/5).

Dari data yang terkumpul itulah, akan terbentuk frame di benak seorang fotografer untuk membentuk sebuah alur cerita visual dalam fotografi.

Dalam diskusi ini, Hariandi hafid juga mempresentasikan 10 karya fotonya yang berjudul ‘Generasi Kedua Pelaut Bugis Makassar’, sebuah karya foto hasil dari pelatihannya di Permata Photojournalist Grant 2015 di Jakarta tahun kemarin.

Karya foto ‘Generasi Kedua Pelaut Bugis Makassar’ adalah jawaban dari pertanyaan masyarakat luas yang ingin mengetahui jejak dan keberadaan para pelaut Bugis Makassar setelah masa keemasan kapal laut Phinisi.(*)