Logo Pemprov Sulsel
Logo Pemprov Sulsel

Rahman Halid: Setiap Kabupaten Akan Miliki Koperasi Inti

Selasa, 21 Juni 2016 | 11:40 Wita - Editor: Iin Nurfahraeni -

Makassar,GoSulsel.com –  Ketua Dewan Koperasi Pimpinan Wilayah Sulawesi Selatan Rahman Halid mengungkapkan, nantinya di setiap kabupaten di Sulsel akan memiliki koperasi inti.

Menurutnya, koperasi inti yang akan dibuat ini akan menjadi koperasi percontohan bagi koperasi yang ada disekitarnya, sehingga dapar berkembang.

pt-vale-indonesia

“Setiap satu kabupaten dan kota kami akan  ciptakan minimal satu koperasi inti, kriterianya sisi aset di atas Rp 3 miliar dan omset di atas Rp 1 miliar. Minimal satu kecamatan, ada satu koperasi unggul dengan kriteria asetnya Rp 1 miliar, dan omset Rp 500 juta per tahun. Itu cikal bakal untuk menjadi koperasi inti,” kata Rahman Halid, Selasa (21/6/2016).

Selain menghadirkan koperasi inti di setiap kabupaten dan kota, Rahman mengaku pihaknya akan mengembangkan kopmart  agar bisa menjadi pengendali harga sembilan bahan pokok. Dekopimwil Sulsel akan mengupayakan MoU dengan perbankan dan pihak grosir untuk membangun kopmart ini.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Syamsul Alam Bachri menjelaskan kehadiran koperasi inti atau percontohan, diharapkan akan membangkitkan koperasi di daerah yang selama ini mulai tidak terlihat.

Halaman: