Atasi Krisis Air di Untia, Nurmal Sarankan PDAM Buat Pipa Tol dan Tandon

Minggu, 26 Juni 2016 | 17:14 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Seilessy - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com — Masalah krisis air yang melanda kawasan Untia di Biringkanaya Makassar mendapat perhatian serius dari Badan Pengawas PDAM Makassar. Nurmal Idrus, Anggota BP PDAM Makassar memahami kesulitan yang dialami warga Untia, dan oleh karena itu perlu segera dicarikan solusinya.

“Kita tak perlu segera melahirkan solusi kongkrit karena masalah ini terus berulang setiap tahun. Bahkan, ketika air melimpah di musim hujan warga di sana tetap kesulitan,” katanya kepada GoSulsel.com melalui pesan singkat BBM, Minggu (26/6/2016).

pt-vale-indonesia

Mantan ketua KPU Makassar ini menyarankan, agar PDAM membuat jalur pipa tol dan membangun tandon air di kawasan itu. “Kenapa pipa tol karena salah satu yang membuat warga Untia kekurangan pasokan air bukan karena pipa tak sampai ke sana tetapi kawasan itu berada di ujung pipa sehingga mereka selalu mendapat giliran terakhir dalam distribusi air,” ujarnya.

Dengan sistem pipa tol, air dari IPA terdekat dapat langsung ke Untia tanpa ada pelanggan lain yang mengambilnya,” tambahnya.

Selain itu, pembuatan tandon air juga harus dilaksanakan agar bisa menampung air lebih lama jika distribusi air terhambat. “Tandon air bisa jadi solusi untuk menampung air di masa krisis seperti sekarang,” terangnya.

PDAM, lanjut Nurmal, harus merancang sebuah proyeksi berupa business plan untuk kawasan Untia ini. “Sebab kawasan itu akan menjadi kawasan yang sangat berkembang dengan dibangunnya sekolah perhubungan besar di sana. Selain itu,  di sana akan berkembang pusat pertumbuhan baru yang tentu membutuhkan pasokan air yang besar,” jelasnya.(*)


BACA JUGA