Pantai Bira Dipenuhi Sampah,  Pemkab Bulukumba Dinilai Kurang Perhatian

Jumat, 01 Juli 2016 | 16:37 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com — Wisatawan mengeluhkan banyaknya sampah di tepi Pantai Bira melalui aplikasi mobile “Explore South Sulawesi” yang diluncurkan Dinas Pariwisata Sulsel, sejak Maret lalu.

“Bupati Bulukumba, tolong diperhatikan kebersihan di Bira. Penuh sampah,” keluh akun Robin Homeshi pada aplikasi tersebut pada Maret lalu.

Terkait hal ini, Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Dinas Pariwisata Sulsel Devo Khadaffi menyayangkan kurangnya perhatian Pemda setempat terhadap kebersihan pantai yang dikenal dengan pasir putihnya ini.

“Ini sangat disayangkan, karena Pantai Bira telah menjadi ikon pariwisata Bulukumba, bahkan Sulsel. Harusnya, hal ini menjadi perhatian bagi pemerintah daerah,” kata Devo.



Menurut Devo, dari sisi pengembangan, Pemda Bulukumba sebenarnya sudah cukup baik. Bulukumba mampu mengembangkan bagian barat Pantai Bira, dan Pantai Appalarang.

“Dari sisi pengembangan sebenarnya sudah cukup baik, tetapi jangan sampai Bira ditinggalkan, karena bagaimana pun, nama Bira yang dikenal di luar,” jelas Devo.

Devo berharap Pemerintah Kabupaten Bulukumba dapat memberi perhatian lebih terhadap aspek kebersihan dan pembenahan fasilitas Pantai Bira.

“Kami akan mencoba berkoordinasi dengan Pemkab Bulukumba untuk mencari solusi terbaik menangani masalah ini. Dalam waktu dekat ini kami akan lakukan itu,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA