Gubernur Sulsel, SYL

Pemprov Sulsel Akan Kembali Canangkan Ekspor Agustus

Senin, 11 Juli 2016 | 21:13 Wita - Editor: Iin Nurfahraeni -

Makassar, GoSulsel.com – Menurunnya neraca ekspor Sulawesi Selatan dalam 2 bulan terakhir, membuat Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo kembali merencanakan ekspor besar-besaran di Agustus nanti.
Ekspor ini akan diberi tajuk Merdeka Ekspor. Syahrul mengakui dua bulan terakhir ini terjadi penurunan frekuensi dan nilai ekspor Sulsel. Namun, ini terjadi sebelumnya telah dilakukan ekspor besar-besaran hingga tiga kali lipat.
“Satu dua bulan terakhir ini memang turun karena kita porsir sebelumnya. Tentunya, tidak bisa tiap saat sama. Ada saatnya naik, ada saatnya turun,” kata Syahrul, Senin (11/7/2016) di Kantor Gabungan Dinas.
Dia mengungkapkan Merdeka Ekspor yang akan dilakukan Agustus nanti untuk semua komoditi. Mulai dari hasil pertanian hingga perikanan dan kelautan.
“Agustus ini akan ekspor, dan November juga. Kita rancang namanya ¬†Merdeka Ekspor,” ujarnya.
Sebelumnya, Neraca perdagangan Sulsel mengalami defisit hingga USD 39,29 juta. Penyebabnya, nilai impor Sulsel pada bulan Mei lebih besar dari nilai ekspor. Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel mencatat nilai impor Sulsel di bulan Mei 2016 meningkat sebesar 167,14 persen, dari USD 46,29 juta menjadi USD 123,66 juta dibanding bulan April 2016.
Nilai impor tersebut naik drastis, walaupun secara tahunan nilai tersebut lebih rendah dibanding tahun lalu periode yang sama.


BACA JUGA