(FOTO: Wakil presiden Jusuf Kalla membuka Jumbara PMR di Kabupaten Pangkep/Selasa, 26 Juli 2016/Muhammad Muhaimin/GoSulsel.com)
#

Budaya Sulsel Dipopulerkan di Jumbara PMI

Selasa, 26 Juli 2016 | 18:38 Wita - Editor: Syamsuddin -

Makassar, Gosulsel.com – Pembukaan Jumpa, Bakti, Gembira (Jumbara), Palang Merah Indonesia (PMI) telah resmi dibuka Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, yang juga Ketua PMI, di Lapangan Perkemahan Tonasa I, Kabupaten Pangkep, Selasa (26/7). Di acara pembukaan itu, panitia juga menampilkan hiburan yang menggambarkan budaya Sulsel.

Usai sambutan dari JK misalnya, panitia mempersembahkan parade budaya kalompoang dengan menampilkan Tarian Empat Etnis, Tarian Gandrang dan teaterikal yang menyimbolkan kapal phinisi sebagai kebanggaan Sulawesi Selatan. Tarian Kalompoang misalnya, menggambarkan penyatuan empat etnis yang sejak lama bermukim di Sulsel, yakni Bugis, Makassar, Toraja dan Mandar.

pt-vale-indonesia

Puluhan orang ikut terlibat dalam persembahan seni budaya tersebut. Wapres JK yang melihat itu, bahkan tiba-tiba kembali  mengambil mic dan menyampaikan apresiasinya.

“Seperti prinsip orang Sulsel yang berlayar, sekali layar terkembang pantang surut ke pantai. Sekali kita berkegiatan itu harus bisa dselesaikan,” kata JK disambut tepuk tangan oleh undangan dan peserta Jumbara.

Persembahan itu juga mengundang reaksi positif dari undangan dari seluruh Indonesia dan dari luar negeri. Meskipun persiapan Jumbara PMI, menurut Ketua PMI Sulsel, Ichsan Yasin Limpo, terdapat suka dan duka.

Halaman:

BACA JUGA