Balaikota Makassar.

Makassar Jadi Pilot Project Penelitian Climate Change

Selasa, 02 Agustus 2016 | 16:42 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Aris Taoemesa - GoSulsel.com

Makassar,GoSulsel.com – Kota Makassar bersama DKI Jakarta, dua kota yang menjadi pilot project penelitian kebijakan perubahan iklim (climate change) perkotaan yang berperspektif gender.

Penelitian dimotori oleh sejumlah aktivis perempuan yang tergabung dalam berbagai organisasi yang fokus pada isu gender. Mereka berkedudukan di Makassar, Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi.

Makassar dan DKI Jakarta dipilih sebagai pilot project karena dua kota ini memiliki profil yang dinilai mampu mewakili kota lainnya di Indonesia. Hal itu terungkap saat Puspa Dewi dari Solidaritas Perempuan bersama aktivis AKSI, dan Gender CC for Women Climate Justice bertemu Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto di Balaikota, Selasa, (2/08/2016).

“Selama (penelitian) tiga tahun, dan proses awalnya enam bulan. Penelitian berfokus pada menggali informasi dan membaca beberapa dokumen yang berhubungan dengan perubahan iklim, gender, kebijakan, dan program pemerintah,” terang Puspa Dewi.



Metode wawancara, dan diskusi digunakan Puspa bersama rekannya untuk menemukan informasi yang berkaitan dengan fokus penelitiannya. Indikator yang digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan penelitian ini dinilai dari alokasi dana, kebijakan, dan program pemerintah yang responsive gender.

Halaman: