(FOTO: Sebanyak 300 pasangan tercatat dalam nikah massal yang dilaksanakan oleh Dinasa Catatan Sipil kota Makassar di SMK 5 /Rabu, 3 Agustus 2016/Andi Nita Purnama/GoSulsel.com)

150 Pasangan Nikah Massal di SMK Negeri 5 Makassar

Rabu, 03 Agustus 2016 | 12:44 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com — Sebanyak 150 pasangan dikukuhkan dalam pernikahan hari ini di Gedung Serbaguna SMKN 5 Makassar, Jalan Sunu. Acara yang dimulai sejak pukul 9 pagi tadi (Rabu, 3/8/16), juga dihadiri oleh Walikota Makassar, Ramdhan Pomanto.

Acara ini digelar selama dua hari, yaitu 3-4 Agustus 2016. Dari 300 pasangan yang akan dinikahkan di tempat ini, dibagi menjadi dua dalam dua hari pelaksanaan yaitu tanggal 3 Agustus sebanyak 150 pasangan, dan begitu pula tanggal 4 Agustus. Peserta nikah massal ini berasal dari 14 kecamatan yang ada di kota Makassar. Selain itu, juga ada 200 pasangan non muslim.

Untuk peserta non muslim, akan dilakukan proses pencatatan pernikahan secara massal oleg Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar. Para peserta ini berasal dari berbagai agama. Para pasangan suami istri ini sebelumnya telah nelakukan pernikahan secara sah di tempat peribadatan masing-masing.

Selain dilakukan tanpa ada pungutan biaya, kegiatan ini juga ditujukan untuk mewujudkan masyarakat yang tertib administrasi berupa kepemilikan akta pernikahan yang selama ini tidak mereka miliki.



Uniknya, dari total 500 pasang peserta nikah massal tersebut nantinya akan menggunakan pakaian merah putih dan bersama membacakan ikrar janji setia mereka di Anjungan Pantai Losari pada tanggal 6 Agustus 2016. Resepsi nikah massal merah putih akan dimeriahkan oleh tarian tradisional dan modern, serta pelepasan balon merah putih ke udara, yang kemudian akan dilanjutkan dengan beragam festival.(*)

 


BACA JUGA