Disdukcapil Dalduk KB Sulsel Sasar 2,416 Juta Wanita Usia Subur

Kamis, 07 September 2017 | 14:08 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com – Pelaksanaan dan Pelayanan Keluarga Berencana (KB) di Sulawesi Selatan sudah mencapai diatas 50 persen. Hanya saja di beberapa kabupaten masih terjadi perbedaan yang mencolok pencapaian program KB.

Berdasarkan data Dinas Kependudukan, Catatan Sipil, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdukcapil Dalduk KB) Sulsel Pencapaian Peserta KB Aktif sampai dengan Bulan Desember 2016 terealisasi sebanyak 991.830 Pasangan Usia Subur (PUS).

pt-vale-indonesia

Mencermati data tersebut Kabupaten/Kota Pencapain KB Aktif yang tertinggi adalah Bantaeng (80,01%), Bulukumba (78,39%), Sidrap (78,25%), sedangkan pencapaian peserta KB aktif terhadap Pasangan Usia Subur (PUS) yang terendah adalah Pinrang (61,82%), Luwu (63,98%) dan Toraja Utara (65,15%).

“Jika melihat data tersebut maka terjadi disparitas yang tinggi pencapaian antar satu kabupaten/kota dengan kabupaten/kota lainnya,” kata Kepala Disdukcapil Dalduk KB Sulsel, Lutfi Natsir, usai rapat koordinasi pelayanan KB di Hotel Romedo, Rabu 6 September.

Lutfi melanjutkan untuk sasaran Program KB adalah Wanita Usia Subur (WUS), yakni wanita umur 15 sampai 49 tahun yang jumlahnya sebanyak 2.146,537 Jiwa atau 25,19 persen dari jumlah penduduk Sulsel.

“Dengan melihat data tersebut dibutuh suatu kerja keras, sinergitas dan koordinasi yang kuat antar provinsi dan kabupaten/kota dan dengan instansi yang terkait,” harapnya.

Kepala Bidang Pengelolaan KB, Muh Husni Thamrin menambahkan untuk memaksimalkan pelayanan KB pihaknya mengundang pejabat terkait. Seperti kepala bidang pelayanan KB kabupaten/kota, ketua ikatan bidan seluruh Indonesia, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan Dinas Pendidikan. (*)


BACA JUGA