#

Perpustakaan Kapal Lantamal VI Bantu Anak di Pulau Terpencil

Jumat, 12 Agustus 2016 | 13:37 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Citizen Reporter

Makassar,GoSulsel.com – Kapal Angkatan Laut (KAL) Pintar BNI 1 Lantamal VI merupakan kapal perpustakaan yang pengadaannya dari Bank BNI dan diserahkan ke TNI AL sandar di dermaga layang Mako Lantamal VI. Sekarang ini sudah dioperasikan oleh Lantamal VI Makassar sejak tahun 2013.

Kapal perpustakaan ini bagian dari Program Indonesia Pintar yang diprakarsai Ibu Ani Yudhoyono waktu masih menjabat sebagai Ibu Negara, dimana Program Indonesia Pintar untuk menjangkau daerah yang tidak terjangkau (To Reach The Unreached), yang diimplementasikan dalam aksi nyata di lapangan.

Kal Pintar BNI 1 Lantamal VI diresmikan langsung oleh Ibu Ani Bambang Yudhoyono bertempat di Dermaga Kolinlamil Tanjung Priok Jakarta Utara tahun 2013 yang lalu.

Kal Pintar ini dibangun di galangan PT Palindo Marine di Batam, Kepulauan Riau, sebagai bentuk realisasi dari kesepakatan kerja sama antara TNI-AL dengan PT Bank BNI (Persero), mempunyai spesifikasi teknis yakni: panjang 22 meter, lebar 3,10 meter, kedalaman 1,85 meter, draft 0,85 meter, bobot 5,2 ton, kecepatan 12 knot, menggunakan dua mesin pendorong diesel, satu mesin generator listrik, serta dilengkapi dengan AC.



Kapal Pintar BNI 1 Lantamal VI yang dikomandani oleh Serka Nav Caya dengan beranggotakan 4 awak kapal ini adalah kapal multifungsi yang didesain dan dibuat agar dapat digunakan sebagai sarana “perpustakaan bergerak” yang dilengkapi buku-buku pengetahuan dan alat peraga.

Halaman: