(Foto: Monumen Emmy Saelan di Jl.Hertasning Makassar/Kamis, 21 April 2016/Marwan Paris/GoSulsel.com)

4 Monumen Pejuang Kemerdekaan di Makassar Ini Wajib Diketahui

Selasa, 16 Agustus 2016 | 15:37 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Ahmad Syadiq - GoSulsel.com

  1. Patung Macan

Patung Macan yang ada di Taman Segita atau Taman Macan, sekilas nampak seperti patung pada umumnya. Patung ini pasti dijumpai oleh masyarakat kota Makassar yang biasa berkunjung untuk berolahraga saat pagi dan sore hari, atau sekedar berleye-leye diterpa sejuknya anging mammiri.

Tapi tahukah anda, kenapa patung yang ada di sudut taman tersebut dibangun? Dan betulkah patung itu adalah patung macan? Jawabannya bisa anda dapatkan bila melihat lebih dekat ke patung tersebut.

Patung Macan ternyata adalah sebuah monumen perjuangan lasykar angkatan 45 yang dibangun pada tahun 1985 dan diresmikan oleh Menkopolkam Surono pada zamannya. Dan sesungguhnya merupakan patung harimau, sesuai yang tertera pada ukiran monumen.

“Dengan rahmat Tuhan yang Maha Esa pada hari ini tanggal 1985 saya resmikan monumen Lasykar Pemberontak Harimau Indonesia di Ujung Pandang. Tertanda tangan Menkopolkam, Surono,” itulah salah satu tulisan yang terukir di sisi monumen Patung Macan sebagaimana dipantau GoSulsel.com, Kamis (28/4).

Tak lain, patung itu dibuat untuk mengingatkan warga Makassar bahwa pada zaman perang kemerdekaan melawan agresi Belanda, telah terbentuk sebuah kelompok kelaskaran di Makassar bernama Harimau Indonesia.

Laskar tersebut merupakan gerakan perjuangan rakyat yang sangat ditakuti, karena sepak terjangnya sebagai gerilyawan kota, yang sangat memusingkan pihak Belanda.

Namun anehnya sekarang, di tempat berdirinya monumen tersebut lebih dikenal sebagai Taman Macan, tempat berolahraga dibanding sebagai monumen sejarah perjuangan lasykar Harimau Indonesia.

Halaman:

BACA JUGA