(Foto: Monumen Emmy Saelan di Jl.Hertasning Makassar/Kamis, 21 April 2016/Marwan Paris/GoSulsel.com)

4 Monumen Pejuang Kemerdekaan di Makassar Ini Wajib Diketahui

Selasa, 16 Agustus 2016 | 15:37 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Ahmad Syadiq - GoSulsel.com

  1. Monumen Mandala

Bukan hanya Jakarta yang memiliki monumen yakni Monumen Nasional (Monas). Tapi Makassar juga punya monumen yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman. Namanya Monumen Mandala. Bentuknya tak jauh beda dengan Monas. Hanya saja, menara ini sedikit miring di bagian puncaknya.

Monumen Mandala didirikan di atas lahan seluas 1 hektar dan dibangun pada 11 Januari 1994. Peletakan batu pertama dilaksanakan oleh Menteri Koordinasi Politik dan Keamanan Soesilo Sudarman. Dan diresmikan oleh Presiden HM Soeharto, 19 Desember 1995.

Monumen ini ditujukan sebagai tugu ingatan atas keberhasilan Indonesia merebut kembali (pembebasan) wilayah Irian Barat (sekarang Papua) yang bergolak di tahun 1962 ke pangkuan Ibu Pertiwi. Tahun peristiwa ini menginspirasi tinggi monumen yakni 62 meter.

Saat itu, Indonesia dipimpin Presiden Soekarno. Indonesia telah merdeka selama 42 tahun waktu itu namun Belanda masih menguasai wilayah Irian Barat. Monumen ini dibangun di Makassar karena awal mula pasukan pembebasan Irian Barat bermarkas di Makassar.

Halaman:

BACA JUGA