Kerupuk, Kudapan Gurih dan Khas di Hari Kemerdekaan

Rabu, 17 Agustus 2016 | 15:32 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com — Kerupuk atau krupuk adalah makanan ringan yang berbahan dasar tepung tapioka. Terdapat banyak jenis kerupuk yang ada di Indonesia. Mulai dari kerupuk udang, kerupuk ikan, kerupuk bawang, kerupuk kulit, kerupuk aci, kerupuk melarat, dan kerupuk gendar.

Kerupuk gendar terbuat dari adonan nasi yg diberi bumbu rempah. Sedangkan kerupuk melarat yang berasal dari Cirebon digoreng tidak memakai minyak, tetapi pasir yang sudah dibersihkan dan melewati proses tertentu.

Di Indonesia, kerupuk disantap sebagai pendamping nasi. Selain itu, kerupuk juga digunakan untuk lomba menyemarakkan Hari Kemerdekaan RI setiap tahunnya.

Lomba makan kerupuk biasanya diikuti oleh anak-anak sampai tingkat dewasa. Lomba ini mengharuskan pesertanya melahap satu kerupuk yang digantung dengan menggunakan tali rafia. Peserta tidak boleh menggunakan tangan selama berlomba.



Lomba ini dilaksanakan tidak hanya oleh masyarakat desa, melainkan juga masyarakat perkotaan. Dan juga tak hanya warga Indonesia, warga asingpun kadang ikut berpartisipasi dalam lomba ini.

Saat menyambut Hari Kemerdekaan, biasanya lorong-lorong perumahan ramai dengan beragam lomba 17an. Dari dulu hingga sekarang, lomba makan kerupuk tetap eksis di tengah-tengah masyarakat.

Halaman:

BACA JUGA