(FOTO: Kue olahan pisang yang memiliki tekstur lembut, Barongko/Rabu, 17 Agustus 2016/Andi Nita Purnama/GoSulsel.com)

Terpesona Kelembutan Barongko yang Melegenda di Tanah Makassar

Rabu, 17 Agustus 2016 | 06:47 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com — Pisang merupakan buah yang banyak diolah menjadi beragam variasi makanan. Bukan hanya makanan modern yang banyak menggunakan pisang sebagai bahan bakunya, sejak dahulu pisang memang telah menjadi andalan untuk membuat kudapan yang enak dan lezat.

Di Sulawesi Selatan khususnya Makassar, banyak dijumpai kuliner berbahan pisang seperti pisang epe’, pisang peppe’, pisang ijo, kolak pisang, dan barongko.

Barongko merupakan makanan khas bugis makassar. Kue ini banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional maupun di toko jajanan kue lainnya.

Barongko terbuat dari pisang yang dihaluskan dan ditambahkan dengan telur, santan, gula dan garam. Setelah itu, dikukus dalam daun pisang yang biasanya dikaitkan dengan lidi. Barongko bertekstur lembut dan juicy dengan rasa yang manis.



Kudapan ini sangat sering meramaikan acara-acara di Sulawesi Selatan, seperti acara pernikahan atau acara adat lainnya. Selain itu, barongko juga sering dijadikan takjil untuk berbuka puasa.

Anda bisa menemukan kue lezat ini di Pasar Toddopuli. Harga untuk per satuannya yaitu Rp 3 ribu. Kue di pasar ini dijamin terjaga mutunya, karena setiap hari akan ada kue yang baru dibuat pada hari itu juga.(*)


BACA JUGA