(FOTO: Upacara bendera di Soppeng/Rabu, 17 Agustus 2016/Muhammad Yusuf/GoSulsel.com)

Usai Upacara Bendera, Bupati Soppeng Ziarah ke Taman Makam Pahlawan

Rabu, 17 Agustus 2016 | 17:52 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Yusuf Muhammad - Go Cakrawala

Soppeng, GoSulsel.com — Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak, bertindak sebagai inspektur upacara pada pengibaran bendera memperingati hari kemerdekaan RI ke 71 di Kabupaten Soppeng. Sedangkan komandan upacara yakni Kapten.Inf. Apit Yulianto yang merupakan lulusan Akmil tahun 2007 dan juga Danramil Kecamatan Marioriawa.

Upacara yang dimulai pada pukul 10 pagi tersebut, peringatan detik-detik proklamasi ditandai dengan bunyi sirine selama 1 menit yang dilanjutkan dengan pembacaan naskah Proklamasi oleh Ketua DPRD Kabupaten Soppeng, Andi Patappaunga.

Selanjutnya, prosesi pengibaran sang merah putih yang dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dipimpin oleh Ahmad Fikrul Ridha yang merupakan siswa asal SMAN 1 Watansoppeng.

Bendera merah putih yang diserahkan oleh Bupati Soppeng selaku Irup diterima oleh Ayu Listiana siswa SMAN 1 Donri-Donri, dan selanjutnya yang bertugas mengibarkan bendera merah putih tersebut yakni Zulkarnain Agung, siswa SMAN 1 Marioriwawa, Fahmi Huwaidy siswa SMAN 1 Watansoppeng, dan Muh Aldi, siswa SMAN 1 Watansoppeng.



Setelah upacara berakhir, undangan dan  peserta upacara yang terdiri para pimpinan Forkopimda, Wakil Bupati Soppeng, Ketua Pengadilan Negeri Watansoppeng, Sekkab Soppeng, para pejuang Veteran, pasukan TNI dan Polri, PNS karyawan BUMN dan BUMD, Pelajar mulai dari tingkat SD sampai SMA dan mahasiswa, anggota Ormas dan organisasi kepemudaan menyaksikan sedikitnya 1000 pelajar mulai dari tingkat SD sampai SMU yang menyanyikan beberapa lagu Aubade,  dan dilanjutkan dengan penampilan drum band.

Usai seluruh rangkaian upacara berakhir, dilanjutkan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) di jalan Salotungo. Dalam ziarah tersebut, prosesi upacara juga digelar dengan Inspektur upacara oleh Kapolres Soppeng AKBP Dodied Prasetyo Aji yang dilanjutkan dengan tabur bunga ke makam para pahlawan pejuang kemerdekaan RI.(*)


BACA JUGA