(FOTO: Warga Barukang rame-rame bakar ikan peringati hari kemerdekaan/Rabu, 17 Agustus 2016/Andi Nita Purnama/GoSulsel.com)

Warga Barukang Perebutkan Hadiah dan Piala Bergilir Lomba Bakar Ikan

Rabu, 17 Agustus 2016 | 15:54 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com — Tergabung dalam Barukang Community, generasi pemuda barukang bekerjasama dengan berbagai pihak menggelar Lomba Bakar Ikan sepanjang Jalan Bolu, Barukang 1 dan 2. Kegiatan digelar tepat pada tanggal 17 Agustus setiap tahun.

“Barukang Community itu pemuda yang tinggal di Jalan Barukang ini. Tapi tidak menutup kemungkinan warga lain jg bisa gabung. Usia anggotanya ada 18 – 25 tahun,” ujar Ikbal, ketua panitia kegiatan, kepada gosulsel, (Rabu,17/8/16).

Pihak penyelenggara yaitu Barukang Community disponsori oleh Yamaha Motor, RM.Apong, RM. Lae-lae, dan lainnya. Dukungan juga datang dari pemerintah setempat, seperti Kec. Ujung Tanah, Kel. Pattingalloang, Kapolsek 07.

Sponsorship yang berkontribusi turut bersumbangsi seperti dalam hal pembuatan baju seragam panitia, hiburan, hadiah, dan penyediaan tenda. Pihak dari kecamatan dan kelurahan, serta kapolsek yang diundang juga ikut menghadiri acar kegiatan ini.



Warga yang melaksanakan kegiatan ini, berkisar 100 kepala keluarga. Diadakan pengundian untuk menentukan pemenang lomba. Jam 1 siang tadi, pengundian diadakan dengan disaksikan oleh warga. Pemenang akan diberikan hadiah seperti televisi ataupun peralatan rumah tangga. Selain itu, juga akan diberikan piala bergilir kepada satu kepala keluarga yang kreatif dalam melaksanakan lomba ini, dengan kriteria diantaranya memasang tenda dan membakar ikan dengan jumlah yang banyak.

Antusiasme warga di daerah ini, membuat kegiatan ini sukses diadakan setiap tahunnya. Selain lomba bakar ikan, sebelumnya telah diadakan beberapa lomba, seperti lomba sepakbola dengan menggunakan daster yang diikuti warga setempat. Selain itu, juga diadakan upacara pengibaran bendera merah putih.

“Dalam rangka HUT RI, juga diadakan upacara yang diikuti oleh warga sekitar. Upacara diselenggarakan pada pukul 8 pagi tadi,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA