DANLANTAMAL VI TURUT MENDAMPINGI KUNKER MENTERI KOORDINATOR BIDANG KEMARITIMAN DI SULSEL
#

Dantamal VI Turut Dampingi Kunker Menko Maritim

Kamis, 25 Agustus 2016 | 15:49 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Citizen Reporter

Makassar,GoSulsel.com – Komandan Lantamal (Danlantamal) VI Laksamana Pertama TNI Yusup, S.E., M.M. turut mendampingi Kunjungan Kerja (Kunker) Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Jenderal TNI (Purn) Luhut B. Panjaitan di Sulsel. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman ke Suksel untuk menghadiri pembukaan Rapat Kerja (Raker) PT. Pelabuhan Indonesia (PELINDO) IV tahun 2016 bertempat di ruang pertemuan Lantai 7 PT. Pelindo IV (Persero) Makassar Jl. Soekarno, Kamis (25/08/2016).

Pembukaan Raker ini juga dihadiri Gubernur Sulsel Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., MH, Pangdam VII Wirabuana Agus Surya Bakti, Kapolda Sulsel, Walikota Makassar, serta beberapa Direktur Utama BUMN seperti PT Tonasa, PT. Angkasa Pura (Persero) I, dan PT IKI.

Dalam paparan singkat yang disampaikan oleh Menko bidang Kemaritiman menyampaikan tentang perihal program pemerintah dalam meningkatkan sektor kemaritiman dengan menjadikan Indonesia sebagai Negara Poros Maritim Dunia yang memiliki 5 pilar diantaranya (1) membangun kembali Budaya maritim; (2) Pengelolaan sumber daya laut.

(3) Konektivitas maritim. (4) Diplomasi maritim; dan (5) Pertahanan maritim. Dari kelima pilar ini, pertahanan maritim lebih tajam jika diterjemahkan sebagai kedaulatan laut, merupakan syarat mutlak agar NKRI bisa menjadi poros maritim dunia. Potensi Indonesia di sektor Maritim sangat besar karna jalur perdagangan barang di dunia 70% di kawasan asia pasifik, 75% di laut dan 45% melalui Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI).



Halaman:

BACA JUGA