(FOTO: Kru dan pemain film Uang Panai' hadir di penayangan perdana di XXI Trans Studio Mall/Kamis, 25 Agustus 2016/Muhammad Muhaimin/GoSulsel.com)

Ini Ide Lahirnya Film ‘Uang Panai’

Kamis, 25 Agustus 2016 | 20:29 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Ahmad Syadiq - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Tak banyak yang tahu bahwa film Uang Panai yang bergenre comedy romantis sebenarnya ide awalnya merupakan film drama religi. Hal tersebut diakui langsung oleh sutradara film Uang Panai’, Halim Gani Safiah┬áketika ditemui GoSulsel.com usai pemutaran perdana di XXI Trans Studio Mall.

“Idenya gara-gara waktu itu saya nonton film di Rumahta Art Space bareng produser Amril Nuryan. Waktu itu kita nonton film Siti, ini film festival banget,” ujar Sutradara Film Uang Panai’, Halim Gani Safia kepada Gosulsel.com.

Dari situlah Halim Gani mendapat ide untuk membuat film yang berkisah tentang susahnya menikah di Bugis Makassar. “Nah dari situ saya buat proposal film dengan gendre drama religi,” ungkap Halim Gani.

Proposal film itu pun diperlihatkan kepada Amril Nuryan. Namun, oleh Amril Nuryan meminta agar mengubah genre filmnya menjadi komedi romantis.



“Yah janganlah pakai drama religi, pakai ini aja, pakai komedi gitu. Komedi romantis,” kata Halim Gani memperagakan percakapannya dengan Amril Nuryan. “Premisnya hampir mirip tentang bagaimana susahnya menikah,” lanjutnya.

Halaman:

BACA JUGA