Pelindo IV Buka 4 Koridor Ekspor Langsung

Sabtu, 27 Agustus 2016 | 10:51 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,  GoSulsel.com– Pelindo IV (Persero) hingga Desember nanti berencana membuka empat koridor untuk ekspor langsung ke luar negeri, yaitu koridor 1 dan 2 di Sulawesi, yaitu Makassar dan Bitung, koridor 3 di Kalimantan yaitu Balikpapan dan Kalimantan Utara, serta koridor 4 di Papua.

Direktur Utama PT Pelindo IV Doso Agung mengatakan, saat ini untuk koridor 1 sudah dibuka, yaitu direct call atau sistem pengapalan langsung ke luar negeri dari Pelabuhan Makassar yang sudah berlangsung sejak 5 Desember 2015.

“Di Makassar, selain direct call, kami juga menghimpun kargo dari Papua, Kalimantan, Kendari dan Palu. Jika empat koridor ekspor langsung sudah terbuka semuanya, nantinya kargo tidak hanya melalui Makassar, tetapi juga bisa melalui pelabuhan lainnya,” jelasnya.

Menurut dia, selama ini sebenarnya banyak investor yang melirik Merauke sebagai salah satu wilayah di Indonesia Timur yang punya banyak potensi. Namun, keterbatasan infrastruktur dan konektivitas, membuat para investor mengurungkan niat baik mereka untuk berinvestasi.

Hal itu lanjut Doso Agung, membuat pihaknya terpikir untuk membuka empat koridor ekspor langsung dari KTI. “Rencannya, akhir Agustus ini Pelindo IV akan membuka direct call dari Pelabuhan Bitung, sebagai koridor 2,” kata dia.

Halaman:

BACA JUGA