Dokumentasi Go Media Group

Bank Sulselbar Segera Buat Bank Berbasis Syariah

Senin, 29 Agustus 2016 | 16:18 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel siap membentuk bank baru berbasis syariah. Melalui Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulselbar, pemprov akan memisahkan (spin-off) unit usaha syariahnya menjadi bank yang berdiri sendiri dalam bentuk Bank Syariah Sulawesi.

Gubernur Sulsel, Ysahrul Yasin Limpo mengatakan pihaknya tinggal menunggu kondisi perekonomian membaik. Selain itu dirinya meminta, pemisahan ini tak membuat adanya persaingan antara bank konvensional dan bank syariah yang terbentuk nantinya.

“Kalau kita sudah yakin bisa jalan sendiri tentu akan kita buat. Asalkan harus menunggu moment yang tepat, apalagi ini memerlukan SDM dan kantor yang baru,” kata Syahrul saat menerima direksi Bank Sulselbar, di ruang kerjanya, Senin, 29 Agustus.

Direktur Utama Bank Sulselbar, A Muhammad Rahmat menjelaskan pemisahan ini dilakukan sesuai aturan di UU No 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah. Adapun batas waktu pemisahan harus dilakukan sebelum tahun 2023.

“Kami sudah meminta pertimbangan Pak Gubernur, dengan mencari model dan perhitungannya. Kita diminta untuk menunggu momen yang tepat, jangan sampai terjadi persaingan antara BPD konvensional dengan syariahnya,” ucap Rahmat.

Halaman:

BACA JUGA