Wagub Akui Cuaca Jadi Tantangan Berat Pelaksanaan Haji Tahun Ini

Senin, 19 September 2016 | 15:04 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com– Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang yang tahun ini kembali melaksanakan ibadah haji, mengungkapkan beberapa masalah yang dihadapi selama berada di Tanah Suci. Mulai dari cuaca dan suhu ekstrem yang menjadi kendala selama pelaksanaan.

“Cuaca terlalu panas, bahkan saat pelaksanaan wukuf suhu mencapai 45 derajat. Memang jamaah asal Indonesia menjadi sangat berat untuk beradaptasi dengan cuaca ini,” kata Agus, yang berangkat haji dengan ONH plus, Senin (19/9/2016).

Selain itu, yang berbeda dibanding pelaksanaan haji tahun sebelumnya adalah jadwal yang ketat dan disiplin dari pemerintah Arab Saudi. Tahun ini, menurutnya jadwal yang disusun sangat teratur.

Agus yang juga ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Sulsel menilai jadwal yang disusun oleh pemerintah semuanya berbasis komputer dan online. Beruntung, 5 juta jamaah haji bisa mengikuti jadwal yang ada.

“Tim dari Indonesia sudah sangat siap untuk mengantisipasi, terutama masalah kesehatan yang sudah maksimal dan profesional. Misalnya kloter 1 Makassar yang saya temui kemarin, semuanya lengkap tanpa ada yang dirujuk ke RS,” jelasnya.

Halaman:

BACA JUGA