Pameran Contempo Reflect

Pesan Issue Lingkungan Dalam Pameran ‘Contempo Reflect’

Jumat, 23 September 2016 | 09:18 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Marwan Paris - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – ‘Ilustrasi merupakan suatu bentuk seni yang paling serbaguna dalam budaya visual sampai saat ini, terlepas dari segi komersialnya. Melintasi batas-batas antara seni rupa dan gambar ke daerah abu-abu. Secara konsisten memprovokasi perdebatan, tetapi dengan tegas kita nyaman mendefinisikannya’.

Sebuah kutipan dalam katalog pameran ‘Contempo Reflect’ tersebut memberi pengantar bagi para pengunjung pameran terkait bagaimana sebenarnya dunia seni rupa dan gambar, khususnya seni ilustrasi.

Salah satu hal menarik dalam pameran ini yaitu adanya pesan-pesan issue lingkungan yang ingin disampaikan kepada masyarakat lewat sebuah karya ilustrasi.

Abdu Muhyi Rizal, salah satu mahasiswa seni dengan karya ilustrasi lingkungannya yang menggunakan tekhnik cat poster di atas kertas mengilustrasikan issue-issue lingkungan ke dalam karya-karyanya.

“Karya saya mengangkat tema tentang issue lingkungan sekitar yang terjadi saat ini. Jadi sekarang itu banyak issue-issue seperti penimbunan laut (reklamasi pesisir pantai), penebangan liar, perburuan hewan langkah, pembangunan yang tidak merata, polusi udara dan pemanasan global. Intinya issue lingkungan yang ada di sekitar kita,” ujarnya kepada Gosulsel.com, Kamis (22/9).

Halaman:

BACA JUGA