Ini Alasan Adnan Purichta Ichsan Mengapa Bupati Gowa Jadi Ketua LAD

Kamis, 29 September 2016 | 12:40 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Gowa,GoSulsel.com – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengungkap Pemerintah Daerah (Pemda) Gowa telah melibatkan keluarga kerajaan Gowa dalam struktur pengurus Lembaga Adat Daerah (LAD) Kabupaten Gowa.

Namun pihaknya mengungkap, bahwa di Gowa terdiri dari berbagai himpunan kerajaan-kerajaan dewasa dari berbagai keturunan dibeberapa Kecamatan di Gowa, sehingga tidak memungkinkan untuk diakomopdir secara keseluruhan.

“Di Gowa ini banyak rumpung keluarga kerajaan yang tersebar di beberapa kecamatan di Gowa, sehingga ketika ada kelompok yang merasa tidak dilibatkan itu karena sudah ada representatif dari mereka yang dilibatkan,” ujarnya.

Dia mengatakan, struktur LAD tidak diatur dalam perda LAD, melainkan dalam Peraturan Bupati. Hal ini, menurut Adnan, hal ini untuk menjaga fleksibilitas Perda sehingga dapat melibatkan unsur yang lebih besar untuk melestarikan budaya. Dalam Struktur LAD tersebut keluarga kerajaan sebagai Wakil Ketua LAD.

“Struktur LAD diatur dalam Peraturan Bupati (bukan di dalam Perda LAD) dan Keluarga Kerajaan masuk di dalam Wakil Ketua dalam struktur LAD,” ungkapnya.

Halaman:

BACA JUGA