(FOTO: Tahun 1996, PSM mengikuti piala champions Asia/google.com)

5 Fakta Ini Membuat Anda Bangga Jadi Suporter PSM Makassar

Kamis, 03 November 2016 | 13:47 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Satria Sakti - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com — Klub sepak bola PSM Makassar memperingati ulang tahun ke-101 pada tanggal 2 November 2016, kemarin. Di usianya yang ke-101 tahun, telah banyak prestasi yang ditorehkan tim berjuluk Juku Eja, Ayam Jantan dari Timur, dan Pasukan Ramang, ini. Pun, deretan nama pemain-pemain top lahir dan pernah mengecap manisnya bekandang di Stadion Mattoanging.

Menginjak usia seabad lebih PSM Makassar, kami wartakan 5 fakta menarik yang bisa menjadi alasan mengapa Anda layak jatuh cinta pada klub tertua di Indonesia ini.

pt-vale-indonesia
  1. Klub Sepak bola tertua di Indonesia

Kisah sejarah PSM Makasar dimulai pada tanggal 2 November 1915 yang dinyatakan sebagai tanggal berdirinya perkumpulan sepak bola bernama Makassar Voetbal Bond (MVB) yang di kemudian hari tercatat sebagai embrio Persatuan Sepak bola Makassar (PSM). Dalam perjalanan prestasinya, MVB menampilkan orang-orang bumi putera di jajaran elit persepak bolaan Hindia Belanda seperti Sagi dan Sangkala sebagai pemain andal sekaligus promotor yang disegani kalangan Belanda. Pada masa itu, sekitar tahun 1926-1940, MVB sudah melakukan pertandingan dengan beberapa kesebelasan dari dalam dan luar negeri, di antaranya dari Jawa, seperti Quick, Excelcior, HBS, sejumlah klub dari Sumatera, Borneo, dan Bali. Sedang dari luar negeri kesebelasan dari Hongkong dan Australia.

Pada usianya ke-25, kegiatan MVB mulai surut seiring dengan kedatangan pasukan Jepang di Makassar. Orang-orang Belanda yang tergabung dalam MVB ditangkap. Pemain-pemain pribumi dijadikan Romusa, dan sebagian dikirim ke Burma (kini Myanmar). MVB praktis lumpuh total, sebagaimana klub-klub sepak bola di Indonesia. Di Makassar ketika itu, segala yang berbau Belanda mutlak dilenyapkan, sebaliknya untuk mencari dukungan penduduk, Jepang membiarkan masyarakat menggunakan nama-nama Indonesia. Dan MVB pun berubah menjadi Persatuan Sepak bola Makassar (PSM).

(FOTO: Google)

(FOTO: Google)

Halaman: