(FOTO: Tahun 1996, PSM mengikuti piala champions Asia/google.com)

5 Fakta Ini Membuat Anda Bangga Jadi Suporter PSM Makassar

Kamis, 03 November 2016 | 13:47 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Satria Sakti - GoSulsel.com

  1. Tradisi Juara

PSM pertama kali menjadi juara perserikatan tahun 1957 dengan mengalahkan PSMS Medan pada partai final yang digelar di Medan. Sejak itu PSM dijuluki menjadi kekuatan baru sepak bola Indonesia. PSM menjelma menjadi tim elit. Total lima kali gelar juara perserikatan diraih tim yang lebih sering disebut sebagai Juku Eja, julukan yang diberikan berdasar pada warna kostum yang mereka kenakan. PSM meraih juara perserikatan pada tahun 1959, 1965, 1966, dan 1992, serta meraih posisi runner up pada tahun 1961, 1964 dan pada kompetisi perserikatan terakhir tahun 1994 sebelum kompetisi utama dilebur dengan klub-klub Galatama menjadi Liga Indonesia.

Ketika tim-tim perserikatan digabung dengan tim-tim galatama menjadi Liga Indonesia sejak tahun 1994, PSM selalu masuk jajaran papan atas hingga sekarang. Setiap musim, PSM selalu diperhitungkan dan menjadi salah satu tim dengan prestasi paling stabil di Liga Indonesia. Meski demikian, baru sekali klub ini menjadi juara yakni pada Liga Indonesia tahun 2000, dan selebihnya empat kali menjadi tim peringkat dua pada Liga Indonesia 1995/1996, 2001, 2003, dan 2004.

pt-vale-indonesia

Saat juara Liga Indonesia PSM mencatat prestasi mengesankan dengan hanya menderita 2 kali kekalahan dari total 31 pertandingan. Saat itu PSM mengumpulkan pilar-pilar tim nasional seperti Hendro Kartiko, Bima Sakti, Aji Santotal tosa, Miro Baldo Bento, Kurniawan yang dikombinasikan dengan pemain asli Makasar seperti Ronny Ririn, Syamsudin Batola, Yusrifar Djafar, dan Rachman Usman, ditambah Carlos de Mello, dan Yosep Lewono. PSM merajai pentas Liga Indonesia dengan menjuarai Wilayah Timur, dan di babak 8 besar menjuarai Grup Timur. Di semifinal, PSM mematahkan perlawanan Persija Jakarta, sebelum mengatasi perlawanan gigih Pupuk Kaltim di final yang berkesudahan 3-2.

PSM dream team

Halaman: