FOTO: Dekan Fakultas Teknik Industri UMI Makassar, Zakir Sabara/Kamis, 5 Januari 2017/Gosulsel.com

Menyoal Petepete Smart, Dekan Teknik UMI: Menciptakan Mobil Tidak Semudah Mimpi

Kamis, 05 Januari 2017 | 10:25 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Degina Adenesa  - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com — Dekan Fakultas Teknologi Industri Universitas  Muslim Indonesia (UMI), Zakir Sabara mempertanyakan uji kelayakan serta izin Kementerian Perhubungan mengenai program Petepete Smart milik Wali Kota Danny Pomanto.

Seperti diketahui Petepete Smart yang dirancang sendiri oleh Danny Pomanto, mengeluarkan asap saat uji coba Desember lalu.

pt-vale-indonesia

“Apakah pete-pete smart itu sudah melalui tahapan uji kelayakan dan mengantongi izin dari Kementerian Perhubungan? Kalo itu belum, maka itu ilegal,” ujar Zakir Sabara saat dikonfirmasi Gosulsel.com, Rabu (4/1/2017).

Ia menambahkan, prosedur tersebut harus terlebih dahulu dilewati Wali Kota yang juga berprofesi sebagai insinyur itu,  sebelum melakukan peluncuran program andalannya yakni Petepete Smart.

“Semua tahapan uji harus dilewati sebelum launching, apalagi soal uji keselamatan karena itu bisa membahayakan jiwa dan pengendara jalan lainnya,” tegas Zakir.

Lebih jauh Zakir mempertanyakan mengenai legalitas pemegang merk dan hak paten mengenai Petepete Smart yang telah diluncurkan pada Desember lalu.

“Apakah pete-pete smart itu juga sudah mengantongi ijin dari pemegang merk dan paten? Ini paling berbahaya karena bisa digugat dan dianggap merugikan pabrikan dan pemegang hak merk atau paten,” tanyanya.

Halaman:

BACA JUGA