Logo DPRD Makassar
Ilustrasi

DPRD Makassar Panggil Disdik Bahas Dana Sukarela Orangtua Siswa

Senin, 06 Februari 2017 | 21:35 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Ketua Komisi D Bidang kesejahteraan rakyat DPRD Kota Makassar, Muzakkir Ali Djamil meminta kepada pihak sekolah untuk tidak menentukan patokan sumbangan sukarela orangtua siswa untuk persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), meski melalui musyawarah bersama.

‘Adanya beberapa sekolah SMP memperlakukan swadaya orang tua siswa. Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa permintaan sumbangan itu dilakukan untuk mendukung pelkasanaan UNBK melalui partisipasi orang,”kata ,” kata Muda, dikonfirmasi, Senin (6/2/2017).

Dia mengatakan, ada aturan dari Kemendiknas soal pungutan tapi perlu digaris bawahi, sumbangan itu sifatnya sukarela. Pihak sekolah tidak boleh menentukan nominal. Beri kesempatan orang tua siswa berapapun yang orang tua ingin bantu, tidak bantu juga tidak apa-apa namanya juga sukarela.

Politisi PKS ini juga mengaku, sudah menjadwalkan akan memanggil Dinas Pendidikan Kota Makassar membicarakan masalah ini. Dia ingin agar pihak Disdik memantau sekolah agar tidak membebani orang tua siswa dengan pungutan itu.

“Dalam waktu dekat kita akan panggil Disdik soal ini. Kita ingin ingatkan bahwa sumbangan itu sifatnya sukarela,” jelasnya.

Halaman:

BACA JUGA