FOTO: Pedagang ikan bandeng di Jalan Lembeh Makassar/Sabtu, 28 Januari 2017/Degina Adenesa/Gosulsel.com

Produksi Rumput Laut dan Bandeng Sulsel Tertinggi Nasional

Kamis, 09 Februari 2017 | 14:29 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com – Produksi rumput laut dan bandeng Sulsel merupakan yang tertinggi di Indonesia. Pada tahun 2016 lalu, produksi rumput laut Sulsel mencapai 3.401.752,5 ton atau sekitar 30,2 persen dari produksi nasional. Sedangkan untuk produksi bandeng mencapai 127.434,1 ton atau sekitar 18,9 persen dari produksi nasional.

Kepala DKP Sulsel, Sulkaf S Latief, mengatakan, Sulsel memiliki potensi kelautan dan perikanan yang lengkap dan menjadi miniatur kelautan perikanan di Indonesia. Namun, ada beberapa masalah yang dihadapi dalam pengembangan potensi-potensi tersebut.

Antara lain, infrastruktur produksi yang belum optimal, keterbatasan sarana dan prasarana produksi perikanan, lemahnya daya saing produk perikanan, dan pemanfaatan tata ruang rumput laut dan pesisir.

“Pada tahun 2017 ini, prioritas diberikan kepada kebijakan-kebijakan yang target kinerjanya masih jauh dari pencapaian. Sementara, kebijakan yang target kinerjanya sudah mendekati pencapaian, maka percepatan dilakukan untuk menuntaskan pencapaian tersebut,” kata Sulkaf, pada acara Pemaparan Program Kerja Strategis SKPD Lingkup Pemprov Sulsel, yang digelar Biro Humas dan Protokol Sulsel, di Kantor Gubernur, Kamis (9/2/17).

Sulkaf mengungkapkan, DKP Sulsel juga menyiapkan strategi peningkatan tiga kali lipat ekspor komoditas perikanan. Peningkatan produksi perikanan (budidaya, tangkap, dan olahan hasil perikanan), peningkatan daya saing produksi hasil perikanan, memperluas pasar ekspor komoditas hasil perikanan melalui pameran dan promosi, dan peningkatan kapasitas pelayanan laboratorium mutu perikanan.

Halaman: