Disbudpar Target 185 Ribu Wisatawan Asing Datang ke Sulsel

Senin, 13 Maret 2017 | 18:51 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Dinas Kebudayaan & Pariwisata (Disbudpar) Sulsel, menargetkan 185 ribu kunjungan wisatawan asing dan 6 juta wisatawan nusantara tahun ini. Berbagai program telah disiapkan untuk menggenjot kunjungan wisatawan.

Kepala Disbudpar Sulsel, Musaffar Syah, mengungkapkan, sudah ada beberapa event besar yang telah disiapkan, termasuk event yang telah dilaksanakan rutin setiap tahun. Antara lain Lovely December, Festival Taka Bonerate, hingga Festival Kuliner.

“Festival kuliner merupakan event yang baru dilaksanakan tahun ini,” kata Musaffar, ‎pada Forum Komunikasi Kebudayaan dan Kepariwisataan se Sulsel yang dirangkai dengan‎ Sosialisasi Strategi Promosi Destinasi Pariwisata Daerah‎, di Hotel Imperial Arya Duta Makassar, Senin (13/3/2017).

Musaffar mengungkapkan, pihaknya mengundang seluruh pemerintah kabupaten/kota sebagai pemilik objek destinasi wisata, untuk memaparkan program prioritasnya. Sehingga, program-program pariwisata bisa disusun secara bersama-sama.

“Kami juga mendorong agar pemerintah kabupaten dan kota memperbanyak event,” ujarnya.

Ketua Asita Sulsel, Didi L Manaba, menambahkan, untuk memajukan sektor pariwisata Sulsel, dibutuhkan‎ kerja sama semua pihak. Untuk promosi, ia pun menawarkan untuk dilakukan promosi bersama.

“Kami juga telah menyiapkan paket-paket wisata sepanjang tahun, yang akan kita jual di pusat-pusat pariwisata,” kata Didi.

Sementara, Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulsel, Januar Jaury Darwis, menambahkan, pihaknya bertugas untuk meningkatkan‎ citra pariwisata, meningkatkan kunjungan, meningkatkan jumlah belanja, dan membangun kerjasama pihak industri pariwisata. Karena, yang memiliki produk pariwisata adalah pemerintah kabupaten/kota.

“Yang punya objek atau destinasi wisata adalah pemerintah kabupaten/kota, sedangkan pemprov hanya mendorong agar itu berkelanjutan,” kata Januar.

Ia menambahkan, promosi pariwisata harus dilakukan pada sasaran yang tepat. BPPD juga memiliki tugas untuk memberikan kajian terkait market pariwisata, sehingga bisa memudahkan pemerintah daerah dalam melakukan promosi.

Sekedar informasi, Forum ‎Komunikasi Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel, tidak hanya dari unsur pariwisata se Sulsel, tetapi juga stakeholder terkait. Seperti Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perhubungan, dan lainnya.(*)


BACA JUGA