Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan, Irman Yasin Limpo

Jelang UNBK, Disdik Sulsel Minta Sekolah Siapkan Plan B

Senin, 13 Maret 2017 | 16:47 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat tidak lama lagi. Khusus di Sulsel, Dinas Pendidikan (Diknas) persiapannya sudah hampir selesai.

Bahkan semua sekolah yang akan menggelar UN telah beberapa kali melakukan simulasi dan tri out. Terlebih untuk UN berbasik komputer (UNBK), yang tahun ini seluruh SMK akan melakukannya.

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo mengatakan pihaknya telah bersurat ke PT Telkom dan PLN khusus untuk pelaksanaan UNBK. Selama empat hari, Disdik Sulsel meminta jaminan jaringan listrik dan internet dapat terjaga.

“Kami minta Telkom membuat kapasitas bertambah di sekitar  area sekolah
dan PLN menjaga jaringan dan powernya. kita juga surati sekolah untuk plan B nya, seperti menyiapkan UPS dan Genset,” kata None panggilan akrab Irman YL, kemarin.

Terkait hasil simulasi dan triout yang telah dilakukan, None mengakui hasilnya cukup baik. Dan bisa dijadikan tolak ukur kesiapan peserta didik, guru dan sekolah dalam menghadapi UN.

“Sudah siapa semua untuk UNBK, sudah dua kali simulasi dengan triout sudah delapan kali. Hasil pemantauan sayabke daerah juga seperti itu, ruang kelas untuk UN paper juga tak ada masalah,” jelasnya.

Ujian Nasional tingkat SMA/MA akan digelar pada 10–13 April 2017. Ada empat mata pelajaran (mapel) yang diujikan, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, serta satu mapel pilihan sesuai jurusan.(*)


BACA JUGA