Raih Indeks Literasi Terbaik Indonesia, Ini Komentar RMS

Selasa, 14 Maret 2017 | 16:11 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Eky Hendrawan - Go Cakrawala

Sidrap,GoSulsel.com – Kabupaten Sidrap kembali meraih prestasi tingkat nasional sebagai kabupaten dengan indeks pembangunan literasi terbaik di Indonesia. Kabupaten ini merada di posisi ke empat literasi kategori A.

Atas pringkat itu, Sidrap yang dipimpin H Rusdi Masse (RMS) masuk dalam pembangunan literasi dengan kategori A. peringkat pertama secara nasional ditempati Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Lumajang diurutan kedua dan Bandung Barat di posisi ketiga.

pt-vale-indonesia

“Alhamdulillah Sidrap menempati urutan ke empat indeks pembangunan literasi secara nasional. Ini juga menjadi capaian masyarakat Sidrap,” ungkap RMS yang telah banyak mempersembahkan penghargaan untuk Sidrap.

RMS mengatakan, bahwa penilaian dan peringkat untuk mengukur indeks pembangunan tersebut ditentukan secara independen oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

“Khusus untuk pembangunan indeks literasi di Sidrap memang sejak beberapa tahun lalu telah menjadi percontohan di tingkat nasional,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Sidrap Nur Kana’ah menjelaskan, bahwa Dinas Pendidikan Sidrap telah menerapkan sistem literasi membaca selama 15 menit bagi para siswa di Sidrap sebelum proses belajar mengajar dimulai.

“Itu tidak hanya kami terapkan kepada siswa. Tapi kelompok-kelompok masyarakat juga kita terapkan sistem literasi dengan aktif melakukan literasi di public space atau taman-taman yang ada di Sidrap,” jelas Nur Kana’ah.

Kementerian Pendidikan & Kebudayaan (Kemendikbud) RI dikabarkan akan mengundang secara langsung Bupati Sidrap, H Rusdi Masse untuk menerima penghargaan literasi terbaik di Indonesia.

“Jadwal penyerahan penghargaannya itu tanggal 20 Maret. Tapi kami masih menunggu undangan resminya,” tutup Nur Kana’ah.(*)


BACA JUGA