Capture Google Doodle Ibu Soed

Pencipta Lagu ‘Tik Tik Tik Bunyi Hujan’ Keturunan Bugis Jadi Google Doodle

Minggu, 26 Maret 2017 | 17:02 Wita - Editor: Irfan Wahab -

GoSulsel.com – Era 80 dan 90-an bagi kalangan anak-anak dimasa itu sangat akrab dengan salah satu lagu ‘Tik tik tik bunyi hujan di atas genteng…’. Lagu itu diciptakan oleh Ibu Soed.

Ibu Soed, sapaan Saridjah Niung Bintang Soedibjo, merupakan guru musik, pencipta lagu anak-anak, penyiar radio, seniman batik Indonesia sangat terkenal di kalangan pendidikan Taman-Kanak-kanak Indonesia kala itu.

muhammad-ismak

Merujuk Wikipedia, Ibu Soed lahir di Sukabumi, Jawa Barat, pada 26 Maret 1908 dan tutup usia 1993 di usia 85 tahun. Ibu Soed berketurunan Bugis dari ayah kandungnya, Mohamad Niung, seorang pelaut yang lama menetap di Sukabumi dan bekerja dengan Prof. Dr. Mr. J.F. Kramer, seorang pensiunan Wakil Ketua Hoogerechtshof (Kejaksaan Tinggi) di Jakarta pada masa itu. Dari bos ayahnyalah (J.F. Kramer) Ibu Soed mengenal musik terutama alat musik biola hingga Ibu Soed dijadikan anak angkat.

Pencipta lagu anak-anak itu kini menjadi ikon di Google Doodle, Minggu 26 Maret 2017, yang hari ini merupakan ulang tahunnya.

Saat membuka Google, maka tampilan mesin pencari ini mengilustrasikan seorang ibu berkacamata dengan mengenakan kebaya hijau berselendang merah berada di depan sebuah mic tengah bernyanyi.

Sementara di depan ilustrasi Ibu Soed, nampak 3 anak-anak dan salah satunya anak perempuan, mereka sedang asyik mendengar nyanyian Ibu Soed di radio.

Berikut lirik lagu Tik Tik Tik Bunyi Hujan:

Tik tik tik bunyi hujan di atas genting
Airnya turun tidak terkira
Cobalah tengok dahan dan ranting
Pohon dan kebun basah semua

Tik tik tik bunyi hujan bagai bernyanyi
Saya dengarkan tidaklah jemu
Kebun dan jalan semua sunyi
Tidak seorang berani lalu

Tik tik tik hujan turun dalam selokan
Tempatnya itik berenang-renang
Bersenda gurau meyelam-nyelam
Karena hujan berenang-renang


BACA JUGA