Firdaus Muhammad, Pengamat Politik UIN Alauddin.

Figur Perempuan Miliki Nilai Jual Politik Potensial

Selasa, 04 April 2017 | 19:29 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Makassar akan digelar 2018, mendatang. Sejumlah nama bermunculan bakal maju khususnya politisi perempuan di perhelatan demokrasi lima tahunan tersebut. 

Diantaranya Ketua DPC NasDem Kota Makassar Andi Rachmatika Dewi, Anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat Aliyah Mustika Ilham dan kader perempuan Gerindra Nunung Desniar. Bagaimana peluang mereka?

Pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Firdaus Muhammad mengatakan, figur perempuan memiliki pengaruh dan nilai jual politik yang sangat potensial. Hal ini jika dimainkan dengan ritme strategi issu politik oleh tim dengan tepat.

“Figur perempuan memiliki nilai jual politik karena ketokohannya dan representasi kesetaraan gender,” kata Firdaus saat dikonfirmasi GoSulsel.com, Selasa (4/4/2017).

Dikatakan Firdaus, hanya memang saat ini belum ada figur perempuan yang sukses memainkan isu kesetaraan gander. Tidak hanya yang berkaitan langsung dengan profesi perempuan, namun juga bisa memanfaatkan isu pembinaan anak.

“Hanya saja, selama ini kaum perempuan tidak berhasil menjual isu yang tepat misalnya pembinaan rumah tangga seiring maraknya isu perceraian dan narkoba pada anak,” tuturnya.(*)


BACA JUGA