Ilustrasi

Bone & Luwu Penerima Dana Desa Terbesar di Sulsel

Selasa, 25 April 2017 | 16:38 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com – Alokasi Dana Desa untuk tahun 2017, tahap pertama di Sulawesi Selatan akan segera dicairkan. Total 60 persen dari total Rp1,8 triliun akan cair dipertengahan tahun ini.

Berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), setidaknya ada lima kabupaten yang menerima anggaran yang cukup besar. Dimana besaran anggaran ini tergantung jumlah desa dan penduduknya.

Lima daerah dengan penerima dana desa terbesar yaitu, Bone dengan anggaran Rp 255,91 miliar, kedua Luwu sebesar Rp 162,24 miliar, kemudian Luwu Utara dengan Rp 132,52 miliar. Sedangkan anggaran untuk Wajo sebesar Rp 111,17 miliar dan Gowa dengan anggaran Rp 100, 52 miliar.

Selain lima daerah tersebut, masih ada Luwu Timur, Tana Toraja, Enrekang, Toraja Utara dan Bulukumba sebagai penerima dana desa terbesar dari 21 Kabupaten yang menerima.

Kepala DPMD Sulsel Mustari Soba menjelaskan, ada peningkatan sekitar 27,7 persen dana desa yang diterima oleh 21 kabupaten dibanding tahun 2016 lalu, dimana prioritasnya saat ini yaitu membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

“Batas pencairan anggaran tahap I dana desa untuk 21 Kabupaten penerima dana desa paling lambat Juli,” kata Mustari, kemarin.

Untuk prioritas dana desa, Ia menyebutkan untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, “Kami berupaya mendorong ini, terutama dari sisi peningkatan ekonomi masyarakat desa, sehingga bisa lebih produktif lagi,” ujarnya.

Mustari menyatakan, dalam mengelola dana desa yang harus tetap juga menjadi prioritas adalah dalam pelaksanaannya untuk swakelola menggunakan tenaga kerja setempat, dan program yang menyasar langsung.(*)


BACA JUGA