USAID & Pemkot Makassar menargetkan peningkatan mutu air bersih dan sanitasi

USAID Gandeng Pemkot Makassar Targetkan Peningkatan Mutu Air Bersih & Sanitasi

Rabu, 31 Mei 2017 | 19:42 Wita - Editor: adyn - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – USAID IUWASH PLUS bekerjasama dengan Pemerintah Kota Makassar mengadakan Visioning Workshop Kota Makassar. Workshop yang berlangsung di Grand Clarion Hotel Makassar, Rabu (31/05/17), dihadiri oleh Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, perwakilan USAID IUWASH PLUS Lina Damayanti, Wakil Ketua DPRD Kota Makassar Indira Muliasari Paramastuti, dan jajaran SKPD Kota Makassar.

“Kita sudah melakukan kerjasama lima tahun lalu, ini yang kedua dan pada periode ini fokusnya dalam hal layanan air minum sanitasi yang menjadi perhatian kita bersama,” ujar Walikota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, Rabu (31/05/17).

Dilanjutkannya bahwa konservasi air bersih merupakan kewajiban kita. Pemkot dan PDAM menginisiasi dan mengadakan beberapa peralatan untuk mengolah air limbah atau sumur untuk langsung dijadikan air minum.

“Tahun ini kita sudah akan memulai 80.000 liter air minum perhari, dan beberapa peralatan secara parsial untuk pulau dan pesisir,” tambahnya.



Pada kesempatan yang sama, perwakilan USAID Lina Damayanti menjelaskan bahwa USAID IUWASH PLUS memfokuskan diri pada peguatan ekosistem sektor air minum, sanitasi, dan perilaku higiene. Konsep Ekosistem Air Minum, Sanitasi, dan Perilaku Higiene menjelaskan bahwa semua aktor pada sektor ini mulai dari Bupati dan Walikota sampai PDAM, staf Dinas Kesehatan, dan layanan sedot tinja memiliki peran pening dan saling terkait.

“Kami membantu pemerintah kota untuk mencari mekanisme alternatif untuk melayani masyarakat miskin di daerah perkotaan. Dengan beberapa inovasi seperti bekerjasama dengan PDAM,” ungkapnya.

Dikatakannya bahwa bentuk kerjasama antara USAID dan Pemerintah Kota Makassar berupa public engagement yaiu menyadarkan masyarakat akan pentingnya air bersih dan sanitasi yang baik dan sudah berjalan selama satu periode, di 5 tahun terakhir.

“Kita menyiapkan masyarakat bagaimana diajarkan perilaku hidup bersih dan sehat,” ungkapnya.

USAID IUWASH PLUS mendukung peningkatan akses air, sanitasi, dan perilaku higiene yang adil dan setara. Tak hanya dengan pemerintah Makassar, USAID IUWASH PLUS akan bekerjasama dengan 32 pemerintah daerah di Indonesia yang tersebar di provinsi Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Maluku, Maluku Utara, dan Papua, serta DKI Jakarta dan Tangerang.

“Dalam sektor air minum, kami mendukung pemerintah Indonesia dalam waktu yang cukup lama. Dalam hal sanitasi baru dimulai 2015,” paparnya.


BACA JUGA