Kepala Desa Parigi, Siti Aida bersama stafnya di Desa Parigi, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa.
#

Desa Parigi Tinggimoncong Genjot Infrastruktur Fisik

Senin, 19 Juni 2017 | 16:47 Wita - Editor: Baharuddin -

Gowa,GoSulsel.com – Pemerintah Desa Parigi, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, terus menggenjot sarana fisik. Salah satu yang diprioritaskan adalah pembangunan sarana irigasi bagi petani.

Kepala Desa Parigi, Siti Aida mengatakan, sarana irigasi ini berfungsi menjaga ketersediaan air bagi areal persawahan. Lokasi irigasi dengan panjang 200 meter itu, dibangun di Dusun Saluttowa.

“Sarana irigasi memang sangat dibutuhkan para petani di Parigi. Kapasitasnya mampu mengairi 50 hektare sawah ,” kata Siti Aida, saat ditemui di kantornya, Senin (19/6/2017).

Ia menegaskan, dari total 1 lebih jiwa penduduk Desa Parigi, dominan diantaranya berprofesi sebagai petani. Karenanya, kehadiran irigasi sangat vital dalam menunjang kegiatan pertanian.



Sekretaris Desa (Sekdes) Parigi, Rahman JallangĀ  menambahkan, disamping membangun irigasi, pembangunan fisik lainnya adalah rabat beton. “untuk rabat beton, kita bangun di Dusun Pangngajiang, Saluttoa dan Azana,” pungkasnya.

Pembangunan jalan rabat beton di tiga dusun di Desa Parigi, Kecamatan Tinggimoncong diapresiasi warga. Bagaimana tidak, tidak hanya mengobati kerinduan warga akan jalan mulus, lebih dari itu, juga mempermudah akses warga.

Taufiq, tokoh masyarakat Desa Parigi sangat berterima kasih atas upaya Pemerintah Desa Parigi membangun jalan rabat beton. “Keberadaan jalan rabat beton memudahkan warga dalam beraktivitas. Akses warga semakin mudah dan cepat,” kata Taufiq.

Hal senada juga dilontarkan warga Dusun Azana, Saleh. Ia mengatakan, masalah jalan mulus adalah impian dari dulu. Kini harapan itu telah terwujud, berkatĀ  jalan rabat beton yang dibangun oleh pemerintah Desa Parigi.

“Sebelumnya warga Dusun Azana masih sangat susah jika ingin memasarkan hasil pertanian ke Pasar Saluttoa. Namun semenjak ada jalan rabat beton, semuanya menjadi lancar,” pungkasnya.(*)

Reporter: Rusli Haisarni/GoCakrawala


BACA JUGA