Danny Minta Celengan Masjid di Makassar Diinfaqkan ke Warga Rohingya

Sabtu, 09 September 2017 | 12:27 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Penduduk Rohingya, Myanmar kini tengah mengungsi dan mengadu nasib di Kota Makassar. Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menghimbau agar semua masj menginfaqkan hasil celengan jumatnya kepada penduduk Rohingya.

“Setiap perubahan bukan justru memecah bela ummat. Kita berjuang hal yang nyata, secara diplomasi kita menyuarakan dukungan. Tapi yang mereka butuhkan itu yakni dukungan logistik bagi rakyat rohingya yang sekarang sedang menderita,” ucapnya, usai Sholat jumat di Mesjid Almarkaz, Jumat (8/9/17).

Dari himbauan tersebut khusus di Mesjid Almarkaz Danny beserta tokoh-tokoh ulama islam menggelar pemungutan sumbangan kepada semua jamaah yang hadir di mesjid Al markaz itu.

“Kita mau bantu apa coba? Kita beda negara. Kalau bukan bantuan logistik dan menyuarakan lewat doa kita mau bantu apa coba? Jadi ini secara spontanitas kita meminta langsung kepada seluruh jamaah disini secara ikhlas sumbangkan rejekinya untuk saudara kita yang terkena musibah ini,” ungkap Danny. 

Danny juga akan mengumumkan secara resmi pada saat penutupan pagelar F8 yang sedang berlangsung saat ini. Ia juga mengungkapkan bahwa perjuangan itu berbeda ada yang diam tapi berbuat adapula yang bersuara tapi tak berbuat apa-apa. 

“Jangan jadikan kasus Rohingya sebagai perpecahan yang menimbulkan caci maki diantara kita tapi jadikan kasus ini sebagai suatu kekuatan yang membuat kita semakin kuat dan bersatu,” harap Danny.

Rohingya sendiri adalah sebuah kelompok etnis Indo Aryadari Rakhine (juga dikenal sebagai Arakan, atau Rohang dalam bahasa Rohingya) di Burma. Ia juga bermigrasi ke Myanmar dari Bengal yang saat ini terusir dari negara tersebut.(*)